Beranda Citizen Report IMA dan Bea Cukai Sepakat Bersinergi, Bahas UMKM Berorinetasi Ekspor

IMA dan Bea Cukai Sepakat Bersinergi, Bahas UMKM Berorinetasi Ekspor

Pengurus IMA Chapter Makassar menerima kunjungan dari Staff direktorat jenderal Bea dan Cukai Makassar

Geliat pertumbuhan pelaku UMKM di kota Makassar saat ini tumbuh pesat, hal ini suatu hal positif karena akan berimbas terhadap laju pertumbuhan ekonomi didaerah. Adanya globalisasi perdagangan salah satunya MEA masih belum dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk melakukan eksansi pasar dalam bentuk ekspor produk-produk mereka untuk pasar yang lebih luas lagi atau internasional.

Padahal pemerintah misalnya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai telah memberi kemudahan salah satunya program KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor) IKM (industri Kecil Menengah) bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah.

Hal ini menjadi inti pembicaraan dalam pertemuan Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Bea dan Cukai Makassar Teguh Dwi Prasetya bersama Disko Valuasy Harefa Kepala Seksi Humas Kanwil DJBC Sulbagsel, Muhammad Azhar, Penyaji Bahan Penyuluh Senior DJBC Makassar, ketika berkunjung ke sekretariat IMA (Indonesia Marketing Association) Chapter Makassar di gedung MDV Telkom Jl A.P.PettaRani, Rabu (30/5/2018).

Juga hadir, Ir Syarifuddin Arif MM, Vice President Small Medium Enterprise Dr AM Nur Bau Massepe MM, dan Ima sumadir (kesekretariatan) IMA Chapter Makassar .

Teguh Dwi Prasetya, mengatakan di Makassar ini potensi pelaku UMKM melakukan ekspor sangat terbuka lebar, namun masih minim pelaku IKM yang memanfaatkan KITE IKM ini.

“Kami berkunjung ke IMA karena ingin mengajak bersama-sama bersinergi untuk membantu pelaku UMKM kita agar bisa berorientasi pasar yang lebih luar atau eksporl,” lanjut Teguh

Nur Bau Massepe mengatakan, ini tentu menjadi tugas kita bersama untuk mendorong pelaku UMKM kita untuk berani ekspor dan memperluas jaringan pemasaran produk UKM mereka ke luar negeri, minimal di negara ASEAN dulu.

“Kita menyambut baik program Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan akan membantu mensosialisasikan program terkait pengembangan UMKM-nya,” ujar dosen pemasaran feb unhas ini.

IMA (Indonesia Marketing Association) merupakan asosiasi pemasaran sejak tahun 1996, dikenal sebagai Asosiasi Pemasaran Indonesia adalah organisasi yang fokus pada aktifitas pengembangan pemasaran sebagai profesi. IMA melakukan berbagai kegiatan yang mencakup berbagai acara dan inisiatif intelektual yang berhubungan dengan penciptaan jenjang kerja, berbagai pengetahuan dan memperbaiki praktek-praktek pemasaran dengan konsep pemasaran keseluruh nusantara.

Di Sulawesi Selatan sendir terdiri dari tiga chapter yakni Makassar, Gowa dan Maros. Aris Dwi Tjahjanto adalah President Elect IMA Chapter Makassar untuk periode 2018 sd 2020 mendatang. Dia juga adalah EVP Telkom Regional 7 KTI.

Citizen Report:
Dr AM Nur Bau Massepe MM
Ima Sumadir (sekertariat IMA chapter Makassar)