Beranda Citizen Report Dua Dosen STIE Nobel Makassar Teliti Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Perusahaan

Dua Dosen STIE Nobel Makassar Teliti Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Perusahaan

PENGARUH PENGEMBANGAN MANAJEMEN HUMAN CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (BUKTI DARI PERUSAHAAN PENGEMBANG DI SULAWESI SELATAN INDONESIA)

MAKASSAR – Sumber daya manusia merupakan faktor kunci untuk mengelola perusahaan dalam mencapai visi dan misinya. Oleh karena itu, pengembangan manajemen sumber daya manusia bertujuan untuk mencapai kualitas sumber daya manusia perusahaan, yang merupakan salah satu strategi perusahaan yang paling penting saat ini.

Atas dasar itulah, dua dosen dari STIE Nobel Makassar, yakni Muhammad Hidayat dan Fitriani Latief membuat jurnal perihal Pengaruh Pengembangan Manajemen Human Capital Terhadap Kinerja perusahaan, Senin (3/12/2018).

Fitriani Latief mengatakan, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengembangan manajemen human capital terhadap kinerja perusahaan. “Untuk menjawab pertanyaan tersebut lima faktor penting dalam manajemen human capital yaitu kapabilitas individu, motivasi individu, kepemimpinan, iklim organisasi dan efektivitas kelompok kerja dianalisis untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kinerja karyawan dan kinerja perusahaan pada empat perusahaan pengembang di Sulawesi Selatan Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Muhammad Hidayat menambahkan, penelitian ini membuktikan bahwa iklim organisasi berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan dan perusahaan. “Efektivitas kelompok kerja secara langsung mempengaruhi kinerja karyawan dan perusahaan. Kemampuan individu, motivasi individu, dan kepemimpinan berpengaruh langsung terhadap kinerja pegawai. Kemudian kinerja karyawan secara langsung mempengaruhi kinerja perusahaan,” katanya.