Beranda Politik Cegah Pelanggaran, Bawaslu Sulsel Awasi Jokowi Selama di Makassar

Cegah Pelanggaran, Bawaslu Sulsel Awasi Jokowi Selama di Makassar

Capres Jokowi melakukan kampanye Pilpres di Gedung CCC makassar

HERALDMAKASSAR.com – Capres nomor urut 01 Jokowi berada di Sulsel mulai tanggal 21 hingga 23 Desember 2018, dengan berbagai agenda kenegaraan bahkan agenda politik seperti kampanye Pilpres 2019.

Untuk itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel akan mengawasi kegiatan Jokowi yang berbau pelanggaran selama berada di Kota Makassar, Sulsel.

Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad mengatakan pihaknya telah memberikan instruksi kepada Bawaslu Kota Makassar untuk mengawal kegiatan Jokowi.

“Kami sudah instruksikan ke jajaran Bawaslu Makassar untuk mengawal kegiatan Jokowi. Demikian juga dengan kegiatan Sandiaga Uno nanti,” kata Saiful, Jumat (21/12/2018) kemarin.

Dia memastikan bahwa, seluruh agenda orang nomor 1 di Indonesia itu tidak terbukti melakukan pelanggaran sebagai kontestan di Pemilihan Presiden tahun depan.

“Itu hak mereka untuk melakukan kampanye, kami hanya memastikan bahwa dalam kegiatan tersebut tidak ada pelanggaran,” kata dia.

Selain itu, pihaknga juga mengaku tidak ada persiapan khusus terhadap pengawasan yang akan dilakukan Bawaslu terhadap kunjungan Jokowi di Sulsel, begitupun dengan peserta Pemilu lainnya.

“Semua sama, kami jalankan tugas pengawasan kami sesuai amanah UU. Kalau yang datang adalah peserta Pemilu, ya kedudukannya sama, dan perlakuan kami juga sama,” ungkapnya.

(MKA)