Beranda Politik Begini Konsep Nurdin Abdulah ke Petani Cengkeh Luwu

Begini Konsep Nurdin Abdulah ke Petani Cengkeh Luwu

POJOKSULSEL.com, LUWU – Setelah memikat warga Luwu dengan kuliatas dan kemapuan dirinya. Calon Gubernur Sulawesi Selatan nomor urut 3 Prof Nurdin Abdullah kembal mendorong kesejahteraan masyarakat petani cengkeh di Desa Komba, Kecamatan Larompong, Luwu, Rabu (16/5/2018) pagi tadi.

Ratusan petani cengkeh Luwu yang menghadiri kampanye dialogisnya sebelum bertolak ke Makassar, Bupati non aktif Bantaeng itu memaparkan konsep mengatur sirkulasi produksi hingga ke penjualan hasil tani cengkeh agar bisa menyejahterakan petani setempat yakni pemerintah harus membuat kebijakan soal pasar, agar para petani punya kepastian lokasi penjualan

“Pemerintah harus membuat kepastian pasar atas produksi mereka. Luwu punya cengkeh. Tetapi petani cengkeh tidak menikmati hasil produksi mereka,” ungkap Guru Besar Agricultur Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar itu.

Oleh karena itu, lanjutnya, secara umum semuanya harus diatur dalam 3 hal yakni hilirisasi pertanian, bibit yang berkualitas dan hadirkan pasar.

“Jika hilirisasi telah hadir dengan memenuhi standar, ditambah dengan bibit berkualitas dan ketersediaan pasar, kami yakin perekonomian baik, dan sosial semakin baik pula, khususnya bagi petani dalam berbagai sektor,” terang Nurdin Abdullah.

Kepala Daerah peraih Anti Corruption Award ini menghimbau pentingnya masyarakat, khususnya warga Desa Komba, Kecamatan Larompong harus memilih pemimpin yang tepat, agar bisa sejahtera. Jangan sampai dijanji lagi. (bayu/pojoksulsel)