Beranda Lifestyle 8 Tips Sehat Menyambut Bulan Ramadan

8 Tips Sehat Menyambut Bulan Ramadan

ramadan
Ilustrasi

POJOKSULSEL – Tidak terasa bulan suci Ramadan telah tiba. Umat muslim di seluruh dunia sudah menunggu-nunggu datangnya bulan yang suci ini.

Berikut 8 tips sehat menyambut datangnya bulan suci Ramadan yang berhasil dihimpun oleh pojoksulsel:

1. Porsi makan

Jangan kurangi porsi makan. Ini hanya akan meningkatkan rasa lapar dan dapat mempersulit puasa kamu. Kamu tidak perlu merubah porsi makan kamu, hanya pola makan saja yang perlu kamu sesuaikan seperti yang akan dijelaskan pada poin poin berikutnya.

2. Sarapan

Sahur itu penting. Dengan terbiasa sarapan pagi, tubuh kamu akan terbiasa untuk sahur nantinya. Tips puasa ini juga penting loh untuk nutrisi otak, baiknya kamu teruskan ya kebiasaan sarapan pagi bahkan setelah bulan Ramadhan.

3. Stop Ngemil

Hanya makan tiga kali sehari, sarapan, makan siang, dan makan malam. Perlahan-lahan kurangi kebiasaan ngemil. Kebiasaan ngemil ini adalah salah satu yang akan membuat puasa kamu terasa berat, perlahan-lahan coba deh kurangi kebiasaan ngemil kamu agar ketika puasa kamu gak cari-cari bahan untuk dikunyah.

4. Kurangi Konsumsi Kafein

Kalau kamu pecinta kopi, mulai kurangi asupan kafein. Kamu bisa ganti menjadi decaf. Konsumsi kafein bisa membuat tubuh dehidrasi, ketika kamu mengkonsumsi kafein, kamu akan lebih cepat merasa haus dan lebih sering buang air kecil, nanti kamu akan merasa lebih cepat haus saat berpuasa.

5. Kurangi Rokok

Perokok dapat merasa kesal, tidak nyaman, dan susah berkonsentrasi ketika langsung berhenti. Kurangi rokok selama siang hari saat kamu berpuasa, agar nanti ketika berpuasa kamu sudah siap untuk tidak merokok.

6. Atur Jam Tidur

Mulai atur jam tidur kamu untuk perlahan bangun pada saat jam sahur. Kamu juga bisa mulai untuk tidur lebih awal. Masalah tidur ini memang sering jadi alasan kita ketinggalan sahur ya. Tapi kamu bisa menyiasatinya dengan membiasakan bangun lebih pagi, atau lebih baik lagi kalau kamu bangun untuk tahajud sekitar jam 2 agar bisa terbiasa nanti ketika harus sahur.

7. Stok Makanan

Persiapkan menu untuk sahur dan berbuka selama tujuh hari pertama, dan siapkan bahan-bahannya ketika kamu masih berenergi penuh. Biasanya pola kerja kamu akan sedikit terpengaruhi karena puasa, dan karena belum terbiasa, kamu bisa jadi menjadi cepat lelah sehingga malas untuk membeli dan menyiapkan hidangan berbuka dan sahur. Ada baiknya kamu menyediakan bahan makanan selama seminggu kedepan yang mudah untuk dibuat. Trending juga sudah menyediakan beberapa resep buka puasa praktis dan resep sahur yang mudah untuk dibuat!

8. Tanya Dokter

Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, konsultasikan kepada dokter kamu apakah kamu boleh berpuasa atau tidak. Kalau kamu sedang sakit atau sedang dalam masa penyembuhan, jangan terlalu memaksakan diri ya, bagaimanapun kesehatan kamu lebih penting. (pojoksulsel)