Beranda Makassar Peringati Hardiknas 2024, Rektor UNM: Kita Komitmen Lahirkan SDM Unggul Lewat Pendidikan

Peringati Hardiknas 2024, Rektor UNM: Kita Komitmen Lahirkan SDM Unggul Lewat Pendidikan

Rektor UNM Prof Husain Syam saat membacakan pidato seragam Mendikbud RI di upacara Hardiknas Pelataran Pinisi UNM, Kamis (2/5/2024).

HERALDMAKASSAR – Keluarga besar civitas akademika Universitas Negeri Makassar (UNM) tahun ini turut memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024.

Bentuk peringatan dalam dunia pendidikan di Indonesia tersebut diwujudkan melalui upacara bersama di Pelataran Pinisi UNM, Kamis 2 Mei 2024.

Upacara Hardiknas juga diikuti oleh ratusan civitas akademika, para Wakil Rektor, Dekan, Ketua lembaga dosen dan tenaga kependidikan.

Dalam peringatan Hardiknas 2024 dengan tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”, seluruh peserta upacara kompak mengenakan pakaian adat nusantara dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebelum membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim Anwar, Rektor UNM selaku pembina upacara membacakan teks Pancasila diikuti seluruh peserta upacara.

Dalam arahannya, Rektor UNM, Prof Husain Syam menyampaikan bahwa Hardiknas tahun ini patut berbangga karena merupakan tahun yang spesial bagi dirinya.

“Hardiknas tahun ini begitu spesial yah, karena tahun ini merupakan tahun terakhir bagi Pak Menteri Nadiem menjabat juga bagi saya selaku Rektor UNM,” ujarnya.

Menurutnya, momentum Hardiknas harus menjadi spirit bagi seluruh pelaku pendidikan, khususnya bagi tenaga pendidik di UNM untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang bermutu.

“Momentum hari pendidikan nasional ini harus menjadi komitmen bagi seluruh elemen pelaku pendidikan menghadirkan mutu dan kualitas pendidikan yang melahirkan sumber daya unggul,” ujarnya.

Karena itulah, Rektor dua periode yang akrab disapa PHS ini mengajak seluruh pihak yang berpartisipasi dalam dunia pendidikan di Indonesia harus saling bahu-membahu memajukan kualitas sumber daya manusia.

“Hardiknas tahun ini benar-benar merasa patut dirayakan. Sebab, dengan adanya pendidikan seluruh anak bangsa kita bisa bersaing secara global demi kepentingan bangsa,” pungkas Guru besar di bidang teknologi pertanian ini.