Beranda Lifestyle Ayo Liburan ke Semarang, Ini 5 Tempat Wisata yang Wajib Kalian Kunjungi

Ayo Liburan ke Semarang, Ini 5 Tempat Wisata yang Wajib Kalian Kunjungi

HERALDMAKASSAR – Tak terasa tahun 2023 sudah masuk bulan Juni. Itu artinya, anak-anak sekolah dalam hitungan hari akan segera masuk masa liburan. Liburan kenaikan kelas atau liburan tengah tahun.

Ayo rencanakan liburan anak-anak sekarang juga. Lalu Pesan Tiket Pesawat Online di Traveloka. Ada banyak tiket pesawat murah yang dijual setiap harinya.

Jika Anda bingung hendak mengajak anak-anak liburan ke mana, pilih saja kota Semarang. Kota yang berada di Jawa Tengah ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika liburan sekolah nanti.

Selain menawarkan keseruan, berkunjung ke tempat-tempat ini juga bisa menambah ilmu dan wawasan. Dan tentu, dijamin anak-anak Anda akan menyukainya.

1. Klenteng Sam Poo Kong

Main ke Semarang sepertinya tak afdol jika tak mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong. Sebab bangunan yang merupakan tempat ibadah tersebut juga sudah menjadi ikon atau landmark kota Semarang.

Klenteng yang satu ini memiliki desain arsitektur serta ornamen layaknya klenteng-klenteng lain. Yakni menggunakan aksen berwarna merah di setiap sudut bangunannya. Akan tetapi yang membuat Klenteng Sam Poo Kong ini berbeda itu adalah adanya berbagai macam patung menarik yang juga indah.

Berkunjung ke tempat ini tak hanya bisa untuk refreshing. Anak-anak sekolah dijamin akan mendapatkan ilmu baru. Sebab Klenteng Sam Poo Kong ini sendiri dibangun sebagai bentuk peringatan akan kedatangan Laksamana Cheng Ho di pulau Jawa. Dan tak hanya itu saja, di Klenteng Sam Poo Kong juga seringkali diadakan festival area sekitar klenteng.

2. Masjid Agung Semarang

Untuk Anda yang beragama muslim, saat liburan ke Semarang, pastikan untuk menunaikan ibadah shalat mampir di Masjid Agung Semarang. Masjid yang juga dikenal sebagai Masjid Agung Jawa Tengah ini memiliki keunikan tersendiri.

Keunikan tersebut adalah hadirnya payung-payung besar raksasa yang ditempatkan di halaman luar masjid. Nah payung-payung tersebut bisa terbuka serta tertutup sendiri secara otomatis. Untuk Anda yang pernah naik haji atau umrah ke Mekah dan mampir ke Madinah, payung-payung ini pasti akan mengingatkan Anda akan Masjid Nabawi di Madinah.

Tak hanya payung-payung besarnya, masjid Agung Semarang ini juga indah dan megah. Tak heran jika masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata saat ke Semarang. Anak-anak Anda pun akan menyukainya.

3. Lawang Sewu

Tempat wisata lainnya yang juga jangan sampai terlupakan untuk disambangi saat liburan tengah tahun ini di kota Semarang adalah Lawang Sewu. Meski banyak cerita seram yang meliputinya, keindahan dan keunikannya patut diacungi jempol.

Ya benar, sisi indahnya bisa dilihat dari desain arsitektur bangunan ini di bagian dalamnya. Dari mulai bangunannya yang klasik dan khas, banyaknya pintu yang pada akhirnya membuat tempat ini terkenal, serta adanya kaca mozaik unik yang harus dijadikan sebagai backgroun saat Anda berfoto.

Asal Anda tahu, Lawang Sewu awalnya adalah kantor tempat bekerjanya karyawan Kantor Pusat Administrasi Kereta Api. Bangunan ini sendiri sudah ada sejak tahun 1907, lho!

4. Museum Kereta Api Ambarawa

Anak sekolah paling suka diajak main ke museum. Selain karena bisa refreshing dari kepenatan belajar di sekolah setiap hari, juga karena berwisata sejarah menambah wawasan baru.

Saat liburan ke Semarang, coba bawa anak Anda ke Museum Kereta Api Ambarawa. Bermain ke sana dijamin akan membuat anak Anda belajar pelajaran sejarah. Khususnya sejarah mengenai kereta api di Semarang. Di samping juga menyajikan keseruan lain, terutama saat naik kereta yang ada di sana yang memang disewakan kepada wisatawan.

5. Kota Lama Semarang

Tempat tujuan wisata lainnya yang bisa membuat anak Anda kesenengan saat menyambanginya adalah Kota Lama Semarang. Sebuah tempat di Semarang yang memiliki julukan “Little Netherland”.

Sesuai namanya, alasannya karena di sini ada banyak berbagai bangunan yang memiliki desain arsitektur yang gayanya klasik. Bangunan klasik yang ada di sana jumlahnya ada 50.

Dari sekian banyaknya bangunan klasiknya, terdapat juga beberapa bangunan ikonik. Misalnya saja Susteran Ordo Fransiskan dan Gereja Blenduk. Kedua bangunan ini konon bahkan sudah ada sejak 100 tahunan yang lalu.

Itu dia tempat wisata yang wajib disambangi saat liburan ke Semarang. Bagaimana, menarik-menarik, bukan? Ayo segera rencanakan liburan tengah tahun ini bersama anak-anak ke Semarang. Untuk tiketnya, Anda bisa mengandalkan Traveloka. Setiap harinya ada banyak tiket murah yang dijual.

Takut jadwal keberangkatannya mundur sehingga dana yang sudah digunakan untuk membeli tiket bisa hangus? Itu mungkin jika belinya di tempat lain. Di Traveloka ada yang namanya fitur Easy Reschedule dan Refund Traveloka.

Jadinya berkat fitur tersebut, uang Anda yang sudah dibelikan tiket namun tidak jadi digunakan tetap bisa kembali. Atau juga Anda bisa booking lagi di jadwal lainnya. Uang Anda pun tidak akan pernah hangus. Yuk ajak anak Anda liburan ke Semarang!