Beranda Ekbis UIT Gratiskan Biaya SPP Bagi Mahasiswa Baru Tahun 2019

UIT Gratiskan Biaya SPP Bagi Mahasiswa Baru Tahun 2019

HERALDMAKASSAR.COM – Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar akan menerima pendaftaran mahasiswa baru pada tahun 2019 ini, baik untuk program Diploma III, Diploma IV, Sarjana (S1) maupun Pascasarjana (S2). Program studi yang tersedia untuk D-III sebanyak 2 program studi, D-IV sebanyak 1 program studi, S1 sebanyak 14 program studi dan S2 sebanyak 4 program studi.

Rektor UIT Makassar, Dr Andi Maryam menjelaskan, tahun ini pihak UIT Makassar menggratiskan biaya Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) untuk semua program studi di semua jenjang. Menurutnya, hal ini dilakukan agar tamatan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan tapi terkendala biaya bisa tetap berkuliah.

“Jadi biaya SPP itu 100 persen disubsidi oleh Yayasan Indonesia Timur. Itu sudah menjadi komitmen yayasan, sehingga anak-anak kita yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tidak terbebani lagi dengan biaya sumbangan,” jelasnya.

Menurut Andi Maryam, nantinya mahasiswa baru cukup membayar Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) setiap semesternya hingga menyelesaikan studi. Untuk BPP sendiri besarannya bervariasi. Program studi dengan BPP terendah adalah Pendidikan Agama Islam dengan biaya sebesar Rp 975.000 per semester, sementara BPP tertinggi adalah program studi D-III dan D-IV Kebidanan sebesar Rp 2.975.000 per semester.

“Biaya BPP ini, juga mendapat subsidi dari Yayasan sebesar 50 persen. Sehingga, mahasiswa nantinya hanya membayar setengahnya,” terang Andi Maryam.

Untuk pendaftaran sendiri, akan dibuka hingga 29 Juni 2019 dan tes tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2019. “Nanti kita akan lihat apakah masih ada kuota yang masih bisa menerima mahasiswa. Jika masih ada, akan kita buka gelombang kedua. Tapi baru bisa dilihat setelah proses tes dilakukan,” pungkas Andi Maryam.