Beranda Ekbis Berdayakan UKM, Makassar Jadi Kota Pertama CIMB Niaga Hadirkan Kejar Mimpi Lokal...

Berdayakan UKM, Makassar Jadi Kota Pertama CIMB Niaga Hadirkan Kejar Mimpi Lokal Berdaya

HERALDMAKASSAR – CIMB Niaga berkolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulawesi Selatan meluncurkan program “Kejar Mimpi Lokal Berdaya” untuk Makassar.

Hadirnya program tersebut dengan tujuan, CIMB Niaga berkomitmen untuk mendukung pengembangan bisnis para pengusaha sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia Timur.

Program Kejar Mimpi Lokal Berdaya dari CIMB Niaga ini juga, Makassar merupakan Kota pertama di Indonesia untuk pengembangan UKM yang berlangsung di Phinisi Point Mal (Pipo), Sabtu dan Minggu, 15-16 Juli 2023.

CIMB Niaga bersama HIPMI Sulsel ingin menjangkau lebih banyak pengusaha muda di Indonesia Timur untuk mendapatkan mentoring bisnis bersama para ahli serta memperluas jaringan dengan sesama entrepreneur dan mentor bisnis.

Head of Region Indonesia Timur & Bali Nusra CIMB Niaga, Ahmad S Ilham mengatakan, sektor UKM memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Di samping peran strategis tersebut, kata Ilham, potensi pengembangan UKM di Indonesia juga masih sangat terbuka, terlebih saat ini semangat kewirausahaan masyarakat juga terus meningkat, termasuk di Makassar dan Indonesia Timur.

“Kami berinisiatif untuk menyelenggarakan Kejar Mimpi Lokal Berdaya yang pertama di Makassar sebagai wadah untuk saling berbagi pengetahuan, mentoring bisnis, dan networking bagi para entrepreneur di Makassar dan Indonesia Timur,” ujarnya.

Melalui kegiatan program tersebut, Ilham berharap lebih banyak pengusaha UKM yang terinspirasi dan terus tertantang untuk mengembangkan bisnisnya agar bisa naik kelas.

“Dengan begitu makin besar manfaat dan kontribusi yang diberikan baik untuk masyarakat maupun perekonomian daerah,” katanya.

Di tempat yang sama, Brand Strategy & Experience Head CIMB Niaga, Muhamad Firdaus Andjar menjelaskan, program yang dicanangkan CIMB Niaga kali ini sebagai wujud dukungan nyata bagi para pengusaha UKM di Makassar.

Apalagi, menurut Firdaus, sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia, CIMB Niaga siap menjadi financial partner bagi para pengusaha UKM di daerah dalam mengembangkan bisnisnya.

“Tentunya Kejar Mimpi Lokal Berdaya menghadirkan para business expert yang memandu dan membantu pelaku UKM melalui mentoring bisnis,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum HIPMI Sulsel, Andi Rahmat Manggabarani meyakini program Kejar Mimpi Lokal Berdaya sangat mampu berkesinambungan dengan para UKM yang ada di Sulawesi Selatan.

“Saya yakin bahwa CIMB Niaga memiliki data itu oleh karena itu kenapa dia memilih Sulawesi Selatan sebagai langkah awal karena semua didukung dari segala sektor baik itu pertumbuhan UMKM-nya pertumbuhan pengusaha mudanya,”

Menurut Rahmat, HIPMI bahkan melihat bagaimana mendorong jiwa kewirausahaan adalah dengan memberikan akses seluas-luasnya kepada anak-anak muda karena jiwanya sedang bertumbuh dan semangatnya sedang besar-besarnya.

“Ada beberapa pihak yang mencoba menghadirkan semangat itu, kami bersyukur hari ini saya dan CIMB Niaga hadir sebagai pihak yang ingin membesarkan dan mengembangkan semangat-semangat kewirausahaan dan itu sangat berjalan beriringan dengan HIPMI yang juga mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan jumlah pengusaha nasional yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Sekadar diketahui, selain launching, mentoring dan networking tersebut, Kejar Mimpi Lokal Berdaya Makassar juga menghadirkan keseruan lain yaitu pameran produk lokal dengan berbagai promo menarik dan hiburan dari musisi ternama Tanah Air, stand up comedian, serta entertainer lokal.