Beranda Politik Dewan Ungkap Keterlibatan Plt Kadis PPKB di Pileg, Siapa Calegnya?

Dewan Ungkap Keterlibatan Plt Kadis PPKB di Pileg, Siapa Calegnya?

Ilustrasi

HERALDMAKASSAR.com – Politisasi di internal Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Makassar, akhirnya terungkap.

Anggota Komisi D DPRD Kota Makassar, Basdir mengatakan, beberapa kader KB dipecat oleh Plt Kepala Dinas PPKB Zulkifli Nanda, karena tidak mendukung istrinya yang tak lain adalah Fatma Wahyuddin sebagai calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Makassar dari Partai Demokrat.

“Saya dicurigai tidak mendukung ibu Fatma makanya saya dikasih keluar (dipecat sebagai kader KB),” ungkap Basdir sebagaimana menirukan laporan yang ia terima dari salah seorang kader KB, Rabu (6/2/2019).

Menurut Basdir, berdasarkan laporan dari yang ia terima, Plt Kepala Dinas PPKB memaksa para kader KB untuk memilih Fatma Wahyuddin di Pileg 2019.

Bahkan, kata dia, pemecatan tersebut massif dilakukan di Dapil 2 Makassar, meliputi Kecamatan Tallo, Wajo, Bontoala, Unjung Tanah dan Sangkarrang.

“Plt kepala dinas itu memaksa kader KB untuk memilih istrinya (Fatma Wahyuddin) sebagai calon legislatif di Kota Makassar,” katanya.

Basdir juga menyayangkan atas tindakan tersebut, sebab, anggaran KB yang diperuntukkan untuk masyarakat, justru disalahgunakan sebagai alat politik praktis.

“Kita sayangkan sekali kalau itu kemudian terjadi, karena anggaran KB itu bukan anggaran nenek moyangnya. Tapi anggaran KB itu adalah anggaran rakyat yang peruntukkannya untuk masyarakat,” pungkas Legislator Demokrat ini.

Selain itu, ia juga mendapat laporan bahwa ada kader KB yang sudah bekerja selama 20 tahun tiba-tiba dipecat hanya karena beda pilihan.

“Ada beberapa kader KB yang sudah diatas 10 tahun bahkan 20 tahun itu kemudian diberhentikan, hanya karena tidak mendukung arahannya, wah ini luar biasa,” demikian Basdir.

(MKA)