Beranda Politik Prof Andalan Diambang Kemenangan, Didukung Strong Voters Terbesar, Ini Ulasan Lengkapnya..

Prof Andalan Diambang Kemenangan, Didukung Strong Voters Terbesar, Ini Ulasan Lengkapnya..

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Prof Andalan) memiliki strong voters -pendukung yang hampir tidak mungkin mengubah dukungan kepada kandidat lain– terbesar di antara tiga kandidat lainnya, yakni sebesar 26,3%.

Berdasarkan hasil survei Celebes Research Center (CRC), pasangan nomor 3 Prof Andalan secara elektabilitas unggul dan menangguk 34,6% suara.

Secara elektabilitas berdasarkan hasil survei CRC yang dilansir Senin kemarin (18/6/2018), pasangan Prof Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman memimpin 34,6% suara. Diikuti pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar 26,3%, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar 21,4%, dan terakhir Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo 6,2%.

Survei CRC  ini mengambil 1.110 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling di 24 kabupaten/kota. Ini menunjukan berapa jumlah strong voters dari para responden yang telah menentukan pilihan.

Dari total 1.110 responden tersebut, sebanyak 60,8% adalah mereka yang menyatakan kecil kemungkinan mengubah pilihan (30,6%) dan sangat kecil atau hampir tidak mungkin mengubah pilihan (30,2%).

Berdasarkan pemetaan tersebut, maka didapat data strong voters dari masing-masing kandidat. Pasangan Prof Andalan yang menangguk 34,6% suara memiliki strong voters terbesar 26,3%.

Diikuti pasangan NH-Aziz yang menangguk 26,3% suara dan memiliki strong voters 16,7%, IYL-Cakka yang memperoleh 21,4% suara didukung strong voters 14,3%, serta Agus-Tanribali yang memperoleh 6,2% suara didukung strong voters 3,6%.

Menurut CRC, survei yang mereka lakukan sejak 2 – 10 Juni 2018 memiliki toleransi kesalahan dugaan +/- 2.9% pada selang kepercayaan 95%. Jika melihat waktu pengambilan sampel, menjadi wajar jika strong voters sudah mencapai angka 60,8%.

Artinya banyak masyarakat yang sudah menentukan pilihan pada 17 hari menjelang hari pemungutan suara. Dan sebagian besar responden menyatakan mendukung kandidat yang sudah terbukti kinerjanya.

(pojoksulsel)