Beranda Lifestyle Mau mudik ? Perhatikan Hal Ini Supaya Imun Tubuh Kamu Tetap Terjaga

Mau mudik ? Perhatikan Hal Ini Supaya Imun Tubuh Kamu Tetap Terjaga

Setelah dua tahun tidak diizinkan mudik Lebaran dan traveling saat pandemi karena meningkatnya kasus Covid-19, masyarakat akhirnya bisa bernafas lega karena tahun ini kita diperbolehkan mudik lebaran.

Soal mudik, tentunya tak lepas dari perjalanan Panjang yang kita tempuh untuk tiba ke kampung halaman. Tak jarang, pemudik menghabiskan waktu hingga berhari-hari diperjalanan untuk mudik. Hal ini pasti membutuhkan kondisi tubuh yang bugar dan fit.

Nah, untuk menjaga kebugaran tubuh selama mudik dan traveling jelang dan pasca Hari raya idul fitri ini, yuk simak beberapa tips agar perjalanannya lancar.

  1. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Tips pertama, pastikan Anda dan keluarga mengonsumsi makanan sehat bernutrisi secara teratur dan cukup. Cara ini tak hanya membuat tubuh lebih bertenaga selama perjalanan mudik, mengonsumsi makanan bergizi juga penting dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh dan Kesehatan tubuh anda dalam jangka panjang.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Anda mungkin berusaha menghindari banyak minum karena takut akan keseringan buang air kecil dalam perjalanan nantinya. Tapi sebenarnya, jika kebutuhan cairan tidak terpenuhi, Anda bisa mudah merasa lelah, mengantuk dan kehilangan konsentrasi. Jika perlu, minumlah suplemen tambahan seperti redoxon untuk melengkapi nutrizi tubuh anda dalam memperkuat imun tubuh.

  1. Istirahat & Tidur yang cukup

Cara selanjutnya yang mungkin sering disepelekan adalahh tidur atau beristirahat yang cukup, terutama sebelum melakukan perjalanan. Dengan mencukupi waktu tidur, Anda dan keluarga tidak akan mudah terserang penyakit selama perjalanan mudik. Manfaat istirahat dan tidur yang bisa langsung Anda rasakan adalah tubuh terasa lebih benergi dan fit keesokan harinya. Selain itu, cukup tidur juga baik untuk menjaga fungsi otak. Hal ini tentu akan membantu Anda lebih fit dalam melalui perjalanan Panjang Bersama keluarga.

  1. Kendalikan Stres

Lalu lintas yang padat dan kemacetan Panjang adalah ciri khas mudik. Kondisi ini tak jarang membuat Anda stres dan mudah marah, yang merupakan salah satu pemicu turunnya daya tahan tubuh. Hal ini tentunya sangat buruk untuk kebugaran anda secara mental yang dapat berdampak pada daya tahan tubuh. Bukan hanya soal perjalanan, mengelola stres bisa menurunkan risiko penyakit berbahaya, misalnya gangguan jantung. Stres berkepanjangan disebut-sebut bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung, terutama serangan jantung atau gagal jantung. Hal itu berkaitan dengan perubahan dan kondisi tubuh yang terjadi saat seseorang mengalami stres. Nah, itulah mengapa kita perlu mengendalikan stress dengan baik.

  1. Menerapkan Protokol Kesehatan

Nah yang terakhir, anda juga perlu menjalankan protokol kesehatan saat mudik di tengah pandemi Covid-19. Hal ini penting dilakukan agar Anda dan keluarga selalu terlindungi dari ancaman infeksi virus Corona maupun bakteri dan virus lainnya.

Protokol kesehatan yang baik seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menghindari kerumunan atau keramaian, menjaga jarak aman adalah bentuk menjaga diri dari potensi penularan Covid-19 dan berbagai penyakit menular lainnya yang ada di sekitar kita.

Patuh terhadap protokol kesehatan juga merupakan bentuk kebaikan dan kepedulian terhadap keluarga terkasih di kampung halaman masing-masing, supaya perjalanan mudik yang Anda lakukan bukanlah ajang membawa virus atau kuman dan menularkannya ke masyarakat di kampung halaman Anda.