Beranda Headline News Mulai Hari Ini, Pemkot Makassar Rapid Test Pedagang Pasar, Jukir dan Sopir...

Mulai Hari Ini, Pemkot Makassar Rapid Test Pedagang Pasar, Jukir dan Sopir Ojol

Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb

HERALDMAKASSAR.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan melakulan tes massal ke sejumlah pedagang pasar, pengemudi ojek online dan juru parkir.

Rapid test massal ini akan dilakukan selama empat hari, dimulai pada 12 hingga 15 Mei 2020.

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, mengatakan rapid test massal ini dilakukan untuk mendeteksi lebih dini penyebaran virus korona kepada sejumlah orang yang bekerja ditempat umum.

Target rapid test massal kali ini diperkirakan mencapai 6.943 pedagang dan 100 kolektor yang tersebar di 18 pasar tradisional, 2.068 jukir, serta 10.000 pengemudi ojol, yang melibatkan 47 puskesmas diruang lingkup kota Makassar.
Sebanyak 20.000 alat rapid test ini merupakan bantuan Pemprov Sulsel.

Makassar dipilih untuk melakukan rapid test lantaran merupakan episentrum penyebaran COVID-19 di Sulsel.

Adapun jadwal kegiatan untuk rapid test massal akan dilakukan disejumlah tempat, untuk pasar tradisional yaitu tanggal 12 Mei 2020 di Pasar Sambung Jawa, Pasar Parang Tambung, Pasar Pabaeng-baeng, dan Pasar Pabaeng-baeng Timur.

Selanjutnya pada tanggal 13 Mei digelar di Pasar Makassar Mall, Pasar Kalimbu dan Kerung-kerung, Pasar Mamajang dan Maricaya, serta Pasar Kampung Baru.

Tanggal 14 Mei dilakukan di Pasar Terong, Pasar Panampu, Pasar Cendrawasih, serta Pasar Panakukang. Lalu di tanggal 15 Mei akan dilakukan di Pasar Butung, Pasar Sawah, Pasar Mandai, serta Pasar Niaga Daya.

Untuk jukir, rapid test massal akan digelar pada tanggal 14-16 Mei di 14 Puskesmas bekerja sama dengan PD Parkir. Jukir cukup membawa identitas dan surat panggilan yang telah dikeluarkan oleh PD Parkir dan ditunjukkan kepada petugas medis di Puskesmas.

Sementara untuk pengemudi ojol, rapid test massal akan digelar pada tanggal 16 -19 Mei yang bekerja sama dengan Gojek. Pemeriksaan digelar di 47 Puskesmas se-Kota Makassar dengan menunjukkan identitas serta menunjukkan surat pengantar melalui aplikasi gojek.

Sebelumnya Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulsel, Ichsan Mustari, mengatakan bahwa meskipun rapid test bukan sebuah tes untuk mendiagnosis pasien Covid-19 seperti halnya tes swab, tetapi setidaknya hal ini bisa membantu untuk menjaring dan melihat siapa saja yang mempunyai potensi terjangkit virus korona.

(AMIR MARUF)