Beranda Politik Survei IPI Pasca Debat Terakhir : Prabowo-Sandi Menang Di Sulsel

Survei IPI Pasca Debat Terakhir : Prabowo-Sandi Menang Di Sulsel

HERALDMAKASSAR.COM – Lembaga riset Indeks Politica Indonesia (IPI) merilis hasil survei terbarunya terkait peta Pilpres 2019 di Sulawesi Selatan. Hasilnya, pasangan Capres-Cawapres, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang telak di tanah kelahiran Wapres RI, Jusuf Kalla.

“Calon penantang, Prabowo-Sandi unggul cukup jauh dengan elektabilitas 49,3%. Sedang calon petahana, pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin harus puas hanya mengunci elektabilitas diangka 42,5%. Sedang jumlah undecided voters tersisa hanya 8,2%,” kata Direktur Eksekutif IPI, Suwadi Idris Amir, Saat ditemui nobar debat capres – cawapres (12/4/2019).

Suwadi menjelaskan, survei dilakukan pada 1-5 April 2019 dengan jumlah sampel 2440 responden yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan secara proporsional berdasarkan jumlah DPT masing-masing kabupaten/kota.

Survei ini menggunakan metodologi multistage random sampling (acak berjenjang) dengan penerapan quality control sebesar 20% dari total sampel.

“Margin of error sebesar +/- 2,64% Pada tingkat akurasi 95%,” tambah Suwadi saat diwawancarai wartawan di Warkop Dg Sija, Mall Panakkukang.

Kemenangan telak Prabowo, lanjutnya, selain disebabkan pengakuan Sandiaga Uno bahwa ia berdarah bugis, juga cukup banyak dipengaruhi oleh karakter tegas dan cara bicara Prabowo meledak-ledak.

“Masyarakat Sulsel menyukai karakter calon pemimpin seperti yang sering ditunjukkan Prabowo Subianto ke publik. Faktor itu yang dominan terekam dalam survei kami,” imbuhnya