Beranda Makassar Temui Ratusan Warga Pulau Lae-Lae, Anggota DPR RI ini Promosikan Program KB

Temui Ratusan Warga Pulau Lae-Lae, Anggota DPR RI ini Promosikan Program KB

Aliyah Mustika berbincang dengan Ibu-ibu warga Pulau Lae-Lae.

HERALDMAKASSAR.com – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham mengunjungi ratusan warga Pulau Lae-Lae, Kelurahan Lae-Lae, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Minggu (18/11/2018).

Kunjungan tersebut dilakukan Aliyah untuk melakukan promosi pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan Kesehatan Reproduksi (KR) berkualitas, bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatannya, Legislator senayan yang membidangi kesehatan ini mengungkapkan pentingnya program KB jika diterakpan dalam keluarga.

“Program ini sangat penting jika diterapkan dalam keluarga, karena mengatur agar kita bisa mempersiapkan keluarga yang baik dan berkualitas kedepannya,” ujar Aliyah.

Program Keluarga Berencana, Lanjut Aliyah, tidak melarang untuk melahirkan anak lebih dari dua kali, melainkan mengarut jarak anak agar kita bisa fokus memberikan pendidikan dengan baik.

“Tidak seperti yang orang bilang kalau program KB melarang kita melahirkan anak lebih dari dua orang, tapi kita di imbau agar mengatur jarak anak, kita fokus dulu mengurus 1 anak sampai bisa mandiri, setelah usia anak sudah lebih 3 tahun baru kita bisa programkan untuk punya anak lagi,” kata mantan ketua Penggerak PKK Kota Makassar ini.

“Kalau ingin punya anak lebih dari 2, boleh-boleh saja yang penting kita sebagai orang tua bisa bertanggung jawab mendidik mereka untuk menjadi anak yang berkualitas, membekali mereka dengan pendidikan dan ilmu agama yang baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang KB dan KR BKKBN Sulsel, Wardihan yang turut hadir sebagai pemateri mengatakan, jika seorang ibu melahirkan dengan jarak yang tidak terlalu jauh maka akan beresiko terhadap kandungan.

“Jika terlalu dekat jaraknya melahirkan, rahim seorang ibu bisa beresiko terkena berbagai penyakit. Berdasarkan ilmu medis, rahim seorang perempuan sudah siap kembali untuk melahirkan setidaknya 3 tahun setelah melahirkan,” kata Wardihan.(*)

(HM/J)