Beranda Sulsel Mahasiswa Poltekpar Negeri Makassar Juara Kompetisi FITE 2018

Mahasiswa Poltekpar Negeri Makassar Juara Kompetisi FITE 2018

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Andi Medy Mega Makmur, Mahasiswa Program Studi D3 Perjalanan Wisata Kampus Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri Makassar berhasil menjadi juara dalam Kompetisi FITE 2018 (Forum for International Tourism and Environtment) yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Parawisata (STP) Nusa Dua Bali, Jumat (22/6/2018).

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Sektor Kerja sama Pendidikan Institut Français d’Indonésie (IFI), FITE sendiri merupakan sebuah wadah online bagi mahasiswa dan publik untuk bertukar pikiran serta ide mengenai pembangunan pariwisata baik di luar maupun dalam Indonesia. Tujuan dari diselenggarakannya FITE 2018 ini untuk menyampaikan pesan bahwa warisan budaya bukan hanya sebagai masa lalu, namun juga sebagai masa depan.

Kompetisi ini diikuti oleh 120 peserta dari enam Perguruan Tinggi Pariwisata se-Indonesia yakni STP Bali, STP Bandung, Poltekpar Negeri Makassar, Poltekpar Negeri Palembang, Poltekpar Negeri Lombok, dan Poltekpar Negeri Medan. Para peserta diharuskan mengirimkan Video Essay dengan tema “Cultural Heritage” yang kemudian dipilih 10 video terbaik. Kesepuluh finalis tersebut harus kembali melakukan presentasi dihadapan juri FITE 2018.

Medy berhasil meraih juara setelah dengan baik mempresentasikan essainya tentang Perahu Phinisi, adapun alasan dia memilih Phinisi karena Kapal Pinisi telah resmi menjadi salah satu daftar “Warisan Budaya Takbenda” oleh UNESCO.

“Kapal phinisi adalah kapal layar tradisional yang dimiliki indonesia, kapal pinisi telah menjadi simbol teknik perkapalan di negara kepulauan. Pada tanggal 7 Desember 2017, kapal pinisi telah resmi menjadi salah satu daftar “Warisan Budaya Takbenda” oleh UNESCO di Jeju Island, Korea Selatan. Saya percaya kapal pinisi dapat membangun atau memperkuat hubungan sesama masyarakat, dapat membuka lapangan pekerjaan, dapat membangun hubungan kerja sama dan budaya kapal pinisi tentu saja harus dilindungi” jelasnya.

Sebagai hadiah dari kompetisi ini Medy bersama dua pemenang lainnya berkesempatan mengikuti kursus musim panas yang diselenggarakan di Paris, Perancis pada Bulan Juli mendatang. Kursus berlangsung selama dua minggu, di sana mereka akan mempelajari tentang warisan budaya, sejarah dan gastronomi Prancis.

Tahun 2019 mendatang Poltekpar Negeri Makassar juga akan menjadi tuan rumah F.I.T.E dengan tema Indonesia Maritime Identity. Sebelumnya, FITE telah berlangsung pada tahun 2016 di STP Nusa Dua Bali, lalu di STPNHI Bandung tahun 2017, dan di STP Nusa Dua untuk tahun 2018. (rilis)