Beranda Makassar Terima Doktor HC, JK Ingin UMI Lakukan Ini

Terima Doktor HC, JK Ingin UMI Lakukan Ini

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menerima penghargaan kehormatan Doktor Honoris Causa dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar di gedung Al Jibra UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Sabtu (23/6/2018).

Di acara pemberian penghargaan gelar non akademik tersebut, orang nomor dua di Indonesia itu ingin UMI lebih mengembangkan politik islam berbasis kebangsaan sebagai penguatan nilai – nilai agama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, sesuai dengan judul pidato disertasi (Aktualisasi Prinsip Islam dalam Penguatan Semangat Kebangsaan), JK menegaskan, eksistensi UMI ini sendiri merupakan salah satu bentuk aktualisasi prinsip Islam dalam semangat kebangsaan.

“Dari nama kampus UMI, terlihat jelas ini adalah universitas Muslim, bukan Muslim dari mana-mana atau tempat lain, tetapi Muslim Indonesia secara tegas dan eksplisit menyebut Muslim Indonesia,” jelas JK.

“Kenyataan ini menunjukkan bahwa para pendiri UMI sejak dari ide pendirian dan pembentukannya baik eksplisit maupun implisit telah berpikir dan berorientasi kepada umat Muslim bangsa Indonesia dan tanah air Indonesia. Prinsip Islam dan semangat kebangsaan,”ungkap JK.

Menurutnya, penganugerahan gelar ini juga bertepatan dengan ulang tahun UMI, karena itu saya ingin mengucapkan selamat atas peringatan hari lahir atau Milad ke 64 UMI.

Dengan usia 64 tahun, lanjut pengusaha sukses berlatar politik ini. Ia berharap UMI menjadi salah satu perguruan tinggi tertua di tanah air dan dan berkembang di tengah perubahan dan gejolak zaman.

“Semoga UMI semakin maju dan berjaya dalam perjalanannya hari ini dan ke depan, sehingga pengabdiannya,” harap JK.

(pojoksulsel)