Beranda Headline News Beda Nasib, Ronaldo dan Messi Ibarat Langit dan Bumi di Laga Perdana...

Beda Nasib, Ronaldo dan Messi Ibarat Langit dan Bumi di Laga Perdana Piala Dunia 2018

Messi dan Ronaldo

POJOKSULSEL.com – Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sama-sama telah memainkan laga perdana Piala Dunia 2018. Hanya saja kedua pemain peraih gelar Ballon d’Or dalam 10 tahun terakhir itu mengalami nasib yang jauh berrbeda.

Negara yang mereka bela memang gagal meraih kemenangan dan sama-sama hanya seri pada laga pertama. Namun, kiprah Ronaldo dan Messi berbeda bak bumi dan langit. Bisa dibilang sinar Ronaldo lebih terang ketimbang Messi pada laga pertama fase grup Piala Dunia 2018.

Tampil pada laga penyisihan Grup B yang mempertemukan Portugal vs Spanyol di Ekatinburg Arena, Sabtu (16/6/2018) dini hari, Ronaldo mencuri perhatian publik. Meski gagal membawa Portugal menang, performa Ronaldo di depan gawang lawan cukup mentereng. Penampilan apik ini lantas diganjar dengan gelar man of the match oleh FIFA.

Ronaldo pun berhasil memecah tabu sebelumnya selalu gagal mencetak gol pada laga pertama di Piala Dunia. Selain itu, dia berhasil menyamai pencapaian Ronaldo Nazario de Lima (Brasil), Uwe Seeler (Jerman), dan Miroslav Klose (Jerman) yang selalu mencetak gol dalam 4 Piala Dunia yang diikuti. Ronaldo melakukannya di Piala Dunia 2006, 2010, 2014, dan kini 2018.

Selebrasi Cristiano Ronaldo setelah sukses membobol gawang Spanyol

Disampin itu, Ronaldo juga berhasil mencatatkan hat-trick dan menggagalkan kemenangan Timnas Spanyol yang sudah di depan mata. Dalam laga itu, Ronaldo hanya melepaskan 4 tembakan ke gawang lawan. Namun, dia sanggup mengemas 3 gol.

Satu dari tiga gol Ronaldo dicetak dari tendangan penalti, satu lainnya dari eksekusi tendangan bebas, sedangkan sisanya dari skema open play.

Ronalo juga tercatat 94 kali melepaskan umpan, dan tak satu pun gagal. Catatan ini juga menunjukkan bahwa eks pemain Manchester United itu tidak egois dalam memanfaatkan bola-bola yang didapatnya.

ekspresi Messi yang gagal mengeksekusi penalti ke gawang Islandia

 

Sangat jauh berbeda dengan Lionel Messi yang gagal menyamai penampilan rivalnay di laga perdana. Messi mandul saat Argentina ditahan imbang Islandia, Sabtu (16/6/2018) malam. Lebih ironis lagi, dia gagal mengeksekusi tendangan penalti. Berbeda dengan Ronaldo yang sukses mengkonversi tendangan penalti.

Dalam hal umpan saja, torehannya sangat tertinggal dibanding Ronaldo. Messi hanya melepaskan 85 umpan atau sembilan lebih sedikit dibanding Ronaldo. Tak cukup di situ, dalam hal akurasi Messi juga tak ada apa-apanya dibanding Ronaldo. Hanya 39 umpan Messi yang sukses diterima rekannya.

Sebenarnya Messi berkesempata menyamai torehan ronaldo karena skses melakukan 11 tembakan ke gawang Islandia. Tapi tak ada gol yang dia ciptakan.

Bukan hanya itu, Messi punya kesempatan mengeksekusi tendangan penalti dan tendangan bebas di depan kotak penalti pada menit akhir. Alih-alih mengubah dua momentum tersebut menjadi gol, sang pemain bernomor punggung 10 lagi-lagi gagal.

Bola hasil tendangan penalti Messi mudah saja untuk dimentahkan kiper Islandia, Hannes Halldorsson. Sementara itu, bola hasil tendangan bebas Messi pada penghujung laga hanya menghantam pagar hidup Islandia.

Sebagai catatan akhir, Messi juga gagal meraih gelar man of the match seperti yang didapat Ronaldo. Penghargaan pemain terbaik di laga Argentina vs Islandia justru didapat kiper tim lawan, Hannes Halldorsson.

Perbandingan Ronaldo dan Messi pada laga perdana Piala Dunia 2018

Messi (vs Islandia)
Skor: 1-1
Tembakan: 11
Umpan: 85 (39)
Gol: 0
Gagal Penalti

Ronaldo (vs Spanyol)
Skor: 3-3
Tembakan: 4
Umpan: 94 (94)
Gol: 3
Penalti Sukses

(is/jpc/pojoksulsel)