Beranda Headline News Jangan Lupa Berdoa, Ini Manfaatnya yang Luar Biasa untuk Kesehatan Anda

Jangan Lupa Berdoa, Ini Manfaatnya yang Luar Biasa untuk Kesehatan Anda

POJOKSULSEL.com – Berdoa memiliki manfaat lain bagi kesehatan fisik maupun jiwa. Anda tentu pernah merasakannya, sesaat setelah berdoa, Anda merasa jauh lebih tenang dan seolah mampu menghadapi semua masalah. Dilansir klikdokter.com, berikut enam kekuatan luar biasa berdoa untuk kesehatan:

1. Hidup lebih lama

Laporan yang dimuat di Health Psychology pada September 2015 menemukan bahwa pada 191 orang yang menderita gagal jantung, mereka yang spiritual—dan juga menerapkan gaya hidup sehat—hidup lebih lama daripada rekan-rekan mereka yang lain.

2. Lebih optimis

Penderita depresi atau penyakit kronis yang melakukan aktivitas religius setiap harinya, dilaporkan menjadi lebih optimis dibanding rekan-rekannya yang lain. Studi terkait ini dipublikasikan di Depression and Anxietypada Juli 2015.

3. Melawan candu

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Reward Deficiency Syndrome pada Juni 2015, berdoa setiap hari tampaknya dapat mencegah pencandu narkoba maupun alkohol untuk kembali menggunakan substansi-substansi tersebut.

4. Tekanan darah stabil

Studi yang dilakukan oleh National Instituted of Health menemukan bahwa orang yang berdoa setiap hari memiliki risiko 40% lebih rendah terkena hipertensi dibanding mereka yang tidak rutin berdoa.

5. Lebih bahagia

Sebuah studi mengungkapkan bahwa saat berdoa, otak akan melepaskan hormon oksitosin yang membuat orang merasa lebih bahagia. Perasaan ‘Aku bisa bergantung kepada sesuatu untuk melindungiku’ saat berdoa juga membuat orang merasa nyaman. 

6. Berpikir jernih

Berdoa dan meditasi efektif untuk menurunkan reaktivitas terhadap kejadian-kejadian traumatis dan negatif. Ini karena saat berdoa, orang akan fokus dengan pikiran-pikiran di luar dirinya. Selain itu, berdoa melibatkan korteks prefrontal, bagian dari otak yang mengatur fungsi eksekutif – misalnya, pengendalian diri – dan membuat orang lebih bisa mengambil keputusan yang baik.

(pojoksulsel)