Beranda Sulsel Ecobrick Atasi Sampah Plastik di Desa Tonasa Takalar

Ecobrick Atasi Sampah Plastik di Desa Tonasa Takalar

HERALDMAKASSAR – Pengabdian dosen pemula Universitas Muslim Indonesia (UMI) membuat kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan ecobrick untuk mengatasi sampah plastik kepada masyarakat di desa Tonasa, Kecamatan Takalar, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Dosen yang tergabung dalam tim pengabdian kepada masyarakat tersebut menjalankan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dengan tema ‘Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Pengelolaan Sampah Plastik di Desa Tonasa Kabupaten Takalar’.

“Program pengabdian ini dilatarbelakangi karena banyaknya sampah yang tidak terkendali dan terkelola dengan baik. Banyak sampah yang berserakan di sekitar permukiman masyarakat, sehingga kami ingin menawarkan inovasi dan solusi pembuatan ecobrick,” kata ketua Tim Pkm Ir. Andi Muh Akram, S.Kel., M.Ling, dalam keterangan resminya, Sabtu (2/12/2023).

Program ini dilaksanakan oleh 2 dosen pemula dan 2 mahasiswa baru dari jurusan teknik lingkungan Universitas Muslim Indonesia, yakni Ir. Andi Muh Akram, S.Kel., M.Ling & Ir. Hamdan Kadir, ST., MT (Dosen) serta Chandy Ridha Pahlawan & Khalil Mahdi (Mahasiswa).

Kegiatan ini melibatkan salah satu kelompok tani yang ada di Desa Tonasa, yakni kelomok Tani Seraton yang berisikam 13 anggota kelompok dan dilaksanakan secara pastisipatif dengan melibatkan peserta dari awal kegiatan sampai akhir serta evaluasi kegiatan.

Pelaksanaan pelatihan yang digelar di rumah ketua kelompok Seraton, Sufrianto ini, peserta terlihat antusias saat melaksanakan ecobrick. “Ini dikarenakan mereka selama ini mengeluh dengan kondisi sampah plastik yang berserakan,” sebutnya.
Sehingga, kata Dosen Fakultas Teknik UMI ini, peserta menyambut baik kegiatan ini sebab bermanfaat untuk pengurangan sampah plastik, serta bernilai profit.

Diketahi, program pengabdian ini sepenuhnya mendapatkan dukungan dari UMI khususnya Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPkM) Internal Pemula.

“Melalui program LPkM ini memberikan konstribusi nyata kepada masyarakat sesuai dengan disiplin keilmuan dosen yang mengadakan pengabdian” ucap Ketua LPkM UMI, Prof. Dr. H. Ahmad Gani., SE., M.Si.