Beranda Makassar Festival Kelong Makassar 2023 Resmi Digelar, Sekdisbud: Kita Bangkitkan Lagi Cinta Lagu...

Festival Kelong Makassar 2023 Resmi Digelar, Sekdisbud: Kita Bangkitkan Lagi Cinta Lagu Daerah

HERALDMAKASSAR – Festival Kelong Makassar 2023 (Kelong Anak Lorong) atau ajang lomba menyanyi lagu daerah Makassar resmi digelar, di Tribun Lapangan Karebosi, Minggu (23/7/2023).

Ajang lomba yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan Kota Makassar ini memulai Fase 1 sebagai pencarian pemenang lomba menyanyi lagu daerah di 3 Kecamatan yakni Rappocini, Ujung Pandang dan Makassar.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Muhammad Fadli mengatakan dengan adanya festival ini Dinas Kebudayaan Kota Makassar mencoba membangkitkan lagi jiwa cinta lagu-lagu daerah kepada masyarakat.

“Karena dewasa ini banyak remaja dan masyarakat kita lebih mengenal lagu dari luar dibanding lagu daerahnya sendiri,” ujar Fadli.

Menurutnya, Festival tersebut juga sesuai dengan arahan Wali Kota Makassar bahwa bagaimana mengangkat kebudayaan dengan memulai dari lorong, seperti festival Kelong anak lorong.

“Bagaimana melestarikan dan mencintai seni budaya ini maka otomatis kota Makassar akan menjadi kota yang menghargai budaya, karena kota itu bisa besar dan maju karena membesarkan budayanya seperti di Jepang,” ungkapnya.

Karena itulah, kata Fadli, Dinas Kebudayaan mencoba mencari bagaimana membuat kegiatan yang bisa berkelanjutan, bisa menambah wawasan masyarakat untuk mencintai budaya dengan sebuah gerakan menjadi kegiatan yang ditunggu dalam hal Kelong Makassar ini.

“Kegiatan ini memang cukup besar dan spektakuler karena melibatkan masyarakat di semua kecamatan, jadi ada lima fase. Dan terakhir babak final kita akan buat lebih ramai dan spektakuler lagi, dengan menghadirkan bintang tamu dari luar atau artis nasional,” bebernya.

Fadli berharap dengan kegiatan Festival Kelong Makassar 2023 ini menjadi cikal bakal dan bisa menular kemana-mana sebagai suatu gerakan kemajuan kebudayaan dan seni.

“Hasilnya juga kita harapkan bisa kompeten karena siapkan semua juri, terus hadiahnya lumayan, dan para pemenang akan diberdayakan dengan menyalurkan di setiap kegiatan pemerintah dan akan tampil di TV-TV,” pungkasnya. (*)