Beranda Makassar Tari Mappaempo Gau Hibur Peserta Rakernas APEKSI 2023 di Opening Karnaval Budaya

Tari Mappaempo Gau Hibur Peserta Rakernas APEKSI 2023 di Opening Karnaval Budaya

HERALDMAKASSAR – Tari Mappaempo Gau yang menjadi tarian pembukaan pada Karnaval Budaya sebagai rangkaian kegiatan Rakernas XVI APEKSI 2023, tampil memukau dan menghibur para Wali Kota se-Indonesia, di Anjungan Pantai Losari, Rabu (12/7) malam.

Jenis tarian asal suku Makassar yang dikomandoi langsung oleh koreografer Acho White (Ridwan) dari sanggar Aco Dance Company. Tarian ini menggambarkan sikap berperilaku baik.

Aco White mengatakan tarian persembahan dari Dinas Kebudayaan Kota Makassar ini menceritakan bahwa sosok perempuan di tanah Makassar atau padenreng bahkan perempuan adalah kunci dari kenyamanan.

“Setiap kebaikan dan kasih sayang yang selalu dipancarkan oleh perempuan asal Makassar inilah sebagai opening seremoni dalam menyambut setiap tamu kehormatan,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bidang Kekayaan Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Ludfi Alamri mengatakan penampilan tarian Mappaempo Gau ini sangat jarang ditampilkan di setiap event besar di Kota Makassar.

“Baru kali ini kita menampilkan jenis tarian Mappaempo Gau asal suku Makassar, dan memang sangat enak di nikmati. Artinya banyak peserta APEKSI yang terlihat terhibur saat para penari tampil di opening seremoni,” ujarnya.

Selain penari dari binaan Dinas Kebudayaan Kota Makassar, peserta Karnaval dan pawai budaya terdiri dari 55 kota anggota APEKSI yang telah menyatakan kesiapan untuk berpartisipasi pada opening Karnaval Budaya.

Ada dari Kota Bogor yang menampilkan tarian mojang padjajaran. Sebagai tanda syukur kepada Tuhan atas melimpahnya lahan subur di Jawa Barat sebagai kerjaan pertanian.

Sedangkan dari Pemerintah kota Cilegon mempersembahkan atraksi budaya dengan membawa 44 personil yang tergabung dalam tim kesenian.

Begitu pun dari Kota-kota lainnya satu persatu menampilkan kesenian asal daerahnya masing-masing untuk memperkenalkan seni, budaya dan kultur mereka. (*)