Beranda Makassar Ini Lulusan Terbaik Jurusan Biologi FMIPA UNM Wisuda Periode Desember 2022

Ini Lulusan Terbaik Jurusan Biologi FMIPA UNM Wisuda Periode Desember 2022

HERALDMAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) telah menyelenggarakan Wisuda periode Desember 2022, bertempat di Pelataran Menara Pinisi UNM, Jalan Andi Pettarani, Kelurahan Tidung, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Senin (5/12).

Wisuda UNM periode Desember, mewisuda sebanyak 1000 lulusan yang berasal dari Program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktoral. Pada pelaksanaannya juga telah diumumkan nama-nama wisudawan terbaik tingkat fakultas, jurusan, dan program studi. Adapun wisudawan terbaik Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi yakni Siti Nurfadhilah Mujaahidah Ahmad dan Program Studi Biologi yakni Muhamad Rafliansyah Al-Gizar.

Siti Nurfadhilah Mujaahidah Ahmad merupakan mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM angkatan 2018 yang menempuh studinya dalam kurun waktu 4 tahun 1 bulan, dengan memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,65 sehingga menjadikannya sebagai wisudawan bergelar Cum laude dan diberi penghargaan sebagai wisudawan terbaik Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi program sarjana periode Desember tahun 2022 FMIPA UNM.

Selain Siti, peraih wisudawan terbaik juga diperoleh oleh Muhamad Rafliansyah Al-Gizar yang juga merupakan mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM dari angkatan 2018. Rafli menjadi wisudawan yang mampu menyelesaikan studinya dalam kurun waktu 4 tahun 2 bulan, dan memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3, 81 sehingga menjadikannya sebagai wisudawan terbaik dan bergelar Cum laude pada Program Studi Biologi dan juga menjadi merupakan wisudawan terbaik ke 3 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Dalam wawancaranya, Siti membagikan tips sukses dalam perkuliahan agar cepat lulus dengan nilai yang memuaskan.

“Jadi tentunya harus diawali degan niat dan tujuan yang baik. Belajar manajemen waktu, tidak menunda-nunda dalam belajar dan membuat catatan penting disetiap perkuliahan,” ujarnya.

Siti merasa sangat bersyukur atas prestasi yang diperolehnya sebagai lulusan terbaik untuk program studi Pendidikan Biologi.

“Saya senang, sangat bersyukur kepada Tuhan dan orang-orang sekitar yang sudah sangat banyak membantu dalam menyelesaikan tugas akhir. Harapannya semoga kedepannya bisa menjadi orang yg berguna bagi agama, orang tua, orang sekitar, bangsa dan negara,” tuturnya

Muhamad Rafliansyah Al-Gizar dari prodi biologi juga mengungkapkan perasaannya saat memperoleh penghargaan sebagai lulusan terbaik untuk prodi Biologi.

“Awalnya saya kaget ketika tahu akan mendapatkan penghargaan sebagai lulusan terbaik Prodi Biologi, saya bersyukur kepada Allah SWT atas penghargaan yang saya capai ini dan saya berterima kasih kepada kedua orang tua saya yang terus memberikan dukungan untuk saya. Saya berterima kasih juga kepada semua pihak yang terlibat dalam kehidupan kampus saya sehingga saya bisa mendapatkan penghargaan ini. Kedepannya pencapaian yang saya dapatkan ini bisa menjadi pemicu untuk saya agar bisa melanjutkan studi ke jenjang berikutnya,” ungkapnya.

Mahasiswa yang akrab disapa Rafli ini juga membagikan tips untuk memperoleh nilai memuaskan.

“Ikuti setiap perkuliahan dengan baik, perhatikan setiap penjelasan yang diberikan oleh dosen agar tidak terjadi pengulangan mata kuliah dan sebaiknya pengajuan judul tugas akhir dilakukan sebelum melaksanakan KKN serta mempunyai etika yang baik,” tuturnya.

Selain memberikan tips Rafli juga untuk manfaatkan program program yang bisa memperpendek masa studi seperti Kampus Mengajar dan Asistensi Mengajar.

“Sekarang kan juga banyak program-program yang bisa memperpendek masa studi kita, misalnya program-program dari kampus merdeka. Kan kalau selesai, bisa dari program magang dikonversi menjadi 20 SKS,” ungkapnya.