Beranda Makassar Suzuki Marine-PT Era Global Marina Gelar Clean Up The World Sambil Sea...

Suzuki Marine-PT Era Global Marina Gelar Clean Up The World Sambil Sea Trial di Pantai Biru Makassar

HERALDMAKASSAR.COM – Setelah peresmian sekaligus grand opening Showroom dealer mesin kapal, unit bisnis Suzuki Marine dari PT Suzuki Indomobil Sales bersama PT Era Global Marina melaksanakan kegiatan Clean Up The World dan Sea Trial menggunakan mesin Suzuki DF115B, di Pantai Biru, Makassar, Kamis (26/5/2022).

Untuk kegiatan clean up the world, Suzuki Marine melibatkan siswa-siswi SMP Negeri 54 Makassar dan masyarakat sekitar pantai untuk melakukan kegiatan pembersihan pantai dari sampah dan mengedukasi mengenai sampah plastik.

“Ini serentak dilakukan seluruh distributor Suzuki Jepang termasuk di Indonesia, kebetulan kemarin bertepatan dengan grand opening Showroom sekaligus mengadakan bersih-bersih pantai di tanjung ini. Kita juga mendonasikan tempat sampah sebanyak 50 unit untuk pantai biru,” ujar Sales & Marketing Outboard Motor Department Head PT Suzuki Indomobil, Aceng Ulumudin.

Aceng mengatakan kegiatan clean up the world ini merupakan bagian dari kampanye global Suzuki yang mengangkat isu lingkungan hidup, terutama laut. Sebab, kata dia, laut merupakan kekayaan alam jangka panjang.

“Intinya kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat khususnya anak-anak mulai dari kecil, kali ini kita melibatkan anak-anak SMP dimana ingin menanamkan kepedulian sampah terutama di laut,” terangnya.

“Sampah di laut ini kan macam-macam, terutama plastik yang tidak bisa diurai itu menjadi microplastic kemudian di makan ikan, ikannya di makan sama kita. Jadi hal-hal itu yang kita tanamkan bahwa sampah plastik itu berbahaya,” tambah Aceng.

Sedangkan khusus untuk sea trial atau tes mesin kapal di laut, kata Aceng, Suzuki Marine mencoba mesin Suzuki DF115B di sekitar Pantai Biru sampai titik di Kodingareng keke, dengan menurunkan tiga unit kapal.

“Sekaligus juga kita ada produk baru dengan melakukan percobaan mesin kapal, dimana mesin ini juga dibekali oleh satu teknologi menyaring sampah-sampah mikro plastik, sambil jalan sambil menyaring sampah di laut,” jelasnya.

Aceng menjelaskan bahwa Suzuki DF115B merupakan mesin dengan teknologi Microplastic Collecting Device yang mampu menyaring plastik mikro yang tersedot ke dalam mesin saat kapal dioperasikan. Sehingga, dapat membantu membersihkan lautan dari sampah plastik.

Kendati demikian, Aceng optimis bisa menarik para konsumen mesin tempel outboard dari Suzuki Marine, karena Kota Makassar adalah salah satu kota terbesar di wilayah timur Indonesia, dengan 2 per 3 pantai pesisir yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kami otomatis market di mesin tempel outboard cukup besar, itu kita akhirnya menunjuk PT Era Global Marina sebagai dealer sales, service dan spare part untuk mencover seluruh market di Sulawesi Selatan mesin kapal outboard,” pungkasnya.