Beranda Makassar Peringati HPSN 2022, DPD PIM Sulsel Edukasi Warga dan Bagikan Tempat Sampah-Alat...

Peringati HPSN 2022, DPD PIM Sulsel Edukasi Warga dan Bagikan Tempat Sampah-Alat Komposer

HERALDMAKASSAR.COM – DPD Perempuan Indonesia Maju (PIM) Sulawesi Selatan bidang Lingkungan Hidup turut memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 dengan melakukan sosialiasasi dan edukasi tentang kebersihan lingkungan di dua lokasi berbeda.

Yaitu di Kelurahan Bakung, kecamatan Biringkanaya Makassar dan Perumahan Graha Mustika Permai, Jalan Dato Ripanggentungan, Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Kegiatan peringatan HPSN 2022 pada lokasi pertama adalah kelurahan Bakung, kecamatan Biringkanaya yang dihadiri Kepala kelurahan, Kamal Tata dan segenap perangkat kelurahan, RT, RW lokasi lorong inspirasi dengan ketua lorong ibu Farah.

Kemudian di lokasi kedua dihadiri langsung oleh Ketua umum DPD PIM Sulsel, Ida Faridah Noer Haris YL, perwakilan Kadis DLH Gowa Yusran, Kepala kelurahan Tamarunang, H. Muchtar, kepala Lingkungan Abd. Latif Dg Sitonra dan Babinsa setempat, serta segenap pengurus PIM dan warga kelurahan Tamarunang.

Dalam kegiatan ini warga diberikan sosialisasi dan edukasi tentang pengolahan sampah rumah tangga oleh Mita Rachmawaty selaku Ketua panitia pelaksana kegiatan, sekaligus menjelaskan sejarah HPSN serta teknik pengelolaan sampah organic dan anorganic, termasuk cara penggunaan komposter yang ada.

Selain itu diberikan pula penyuluhan kesehatan oleh Dr. Muji, dan penyerahan bantuan secara simbolis berupa tempat sampah pilah dan alat komposter untuk warga yang diserahkan langsung oleh Ketua umum DPD PIM Sulsel.

Dalam penyampaiannya, Ida Faridah Noer Haris YL mengatakan kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat khususnya ibu-ibu

“Kita harap pembinaan berkelanjutan tentang pengelolaan sampah rumah tangga demi terciptanya reuse, reduce, recycle dan ekonomi sirkular sesuai tema HPSN 2022: kelola sampah, kurangi emisi, bangun proklim,” ujarnya.

Sebab, kata dia, upaya mengelola sampah tak hanya menjadi tugas dan kewajiban pemerintah saja. Tetapi, juga diperlukan kesadaran masyarakat agar lingkungan yang bersih dan sehat bisa tercipta.

Di akhir kegiatan, ada juga pembagian doorprize untuk warga yang berhasil menjawab pertanyaan seputar pengelolaan sampah. Dan diakhiri kerja bhakti bersama warga dengan armada sampah yang telah disiapkan oleh DLH Gowa.

Lap. Humas DPD PIM Sulsel, Warni Saharuddin