Beranda Ekbis Gojek-Telkom-ITDRI Luncurkan Program “Muda Maju Bersama” Kembangkan Startup di Indonesia Timur

Gojek-Telkom-ITDRI Luncurkan Program “Muda Maju Bersama” Kembangkan Startup di Indonesia Timur

HERALDMAKASSAR.COM – Gojek bersama Telkom Indonesia melalui Indonesia Telecommunication & Digital Research Institute (ITDRI) kini meluncurkan program baru yakni “Muda Maju Bersama”.

Sebuah program inisiatif untuk memberdayakan anak muda di kawasan timur Indonesia dengan memanfaatkan teknologi digital terhadap masyarakat dalam hal pengembangan startup.

Program tersebut bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan startup di Indonesia Timur sehingga mampu bertumbuh secara pesat dan menciptakan dampak sosial positif yang lebih luas.

Peluncuran program “Muda Maju Bersama” ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Gojek dan Telkom-ITDRI yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom, Kamis (15/4/2021).

Dalam penyampaiannya, VP Strategic Regional Gojek Indonesia Timur, Anandita Danaatmadja mengatakan dengan melihat pemanfaatan teknologi sebagai cara yang paling cepat untuk membawa dampak positif bagi masyarakat luas.

“Gojek tidak hanya berinovasi untuk memberikan solusi yang dapat memecahkan masalah sehari-hari masyarakat melalui teknologi, tetapi juga memiliki tugas untuk mendukung inovator agar bisa memiliki kesempatan untuk berkembang dan dapat memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat,” ujar Anandita.

Menurutnya, teknologi tidak hanya menawarkan solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat, tetapi juga membuka akses bagi masyarakat untuk bisa berperan aktif berkontribusi dan menikmati manfaat ekonomi digital.

“Dari pengalaman kami di Gojek, kami menyadari pentingnya proses pembelajaran yang berkelanjutan untuk perusahaan startup untuk bisa tidak hanya bertahan tapi juga terus berkembang. Melalui program Muda Maju Bersama yang berkolaborasi dengan Telkom-ITDRI inilah akan banyak tercipta inovasi solusi nyata bagi berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, program “Muda Maju Bersama” ini akan memberikan serangkaian program akselerasi intensif selama 6 bulan kepada startup yang dinilai paling memberikan dampak positif dan berhasil lolos proses seleksi ketat.

Penyusunan kurikulum akselerasi startup Muda Maju Bersama melibatkan kolaborasi ITDRI yang telah best practice pada bidangnya dan platform smartfest yang beberapa tahun terakhir menjadi acuan anak muda di kawasan timur Indonesia timur untuk meningkatkan soft skill yang tidak didapat di institusi formal.

Sementara itu, SGM Telkom Corporate University yang juga Chairman of ITDRI, Jemy V Confido mengatakan Telkom diberikan misi besar oleh Kementerian BUMN untuk membantu menurunkan gap digital talent Indonesia, dengan mendorong kemandirian teknologi Indonesia dan meningkatkan global innovativeness index Indonesia.

“Untuk itulah Telkom membentuk ITDRI yang dikoordinir oleh divisi yang memang tugasnya mengembangkan keahlian seluruh karyawan Telkom Group, yakni Telkom Corporate University Center,” ungkap Jemy.

Sebab, pengembangan startup adalah cara paling jitu untuk menggapai ketiga misi tersebut sekaligus. Startup adalah wadah berinovasi dalam bentuk adopsi dan pengembangan teknologi, yang melalui perjuangan membisniskan inovasi tersebut maka para talentanya berkembang secara signifikan.

“Kami dari Telkom-ITDRI sangat mendukung inisiatif Gojek ini, dan berminat untuk mencurahkan segenap pengalaman dan kapabilitas kami mensukseskan gerakan Muda Maju Bersama tersebut,” pungkasnya.

Diketahui, peluncuran program tersebut disaksikan langsunh oleh Walikota Balikpapan, Rizal Effendi, forkopimda lingkup Kalimantan dan Sulsel, para akademisi perwakilan kampus dari Universitas Mulawarman, Universitas Hasanuddin, Universitas Muslim Indonesia, dan sejumlah mahasiswa. (*)