Beranda Makassar Belum Lakukan PSBB, Padahal Ratusan Orang di Makassar Positif Virus Corona

Belum Lakukan PSBB, Padahal Ratusan Orang di Makassar Positif Virus Corona

Salah satu lorong telah menerapkan lockdown. ist

HERALDMAKASSAR.com – Jumlah kasus positif virus corona atau Covid-19 di Kota Makassar terus bertambah. Hingga Sabtu (11/4/2020) tercatat ada 110 kasus positif.

Dari data yang masuk ke Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel, pasien positif Corona di Makassar kian hari terus meningkat. Jumlah tersebut juga naik signifikan daripada daerah lain di Sulsel.

“Jadi di Makassar itu banyak orang positif tapi tanpa gejala, yang inilah menyebabkan angka-angka pasien positif meningkat karena kontak langsung atau local transmision,” kata Kadis Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari beberapa hari lalu.

Melihat kondisi tersebut, pemerintah harus memikirkan kemungkinan penerapan Pembatasan Ssosial Berskala Besar (PSBB) di Sulsel utamanya di Kota Makassar yang sudah mencapai ratusan orang terjangkit virus Corona.

Hal ini melihat kondisi Sulsel yang berada di zona merah dengan temuan 168 kasus positif Corona terbesar kelima di Indonesia, dipastikan tidak ada jalan lain selain membatasi ruang gerak masyarakat.

Untuk itu, dibutuhkan penanganan khusus, agar PSBB diterapkan, seluruh elemen benar-benar siap. Untuk kesiapan data puan harus lengkap dan valid. Dengan pendataan yang baik tentunya estimasi anggaran terkait kebutuhan masyarakat terdampak dapat tercover dengan baik.

Selain itu, pendataan yang cepat, akurat, dan sistematik, dibutuhkan menggunaan berbagai unsur pemerintahan dari RT/RW, kelurahan, hingga Provinsi untuk menyiapkan data masyarakat yang membutuhkan bantuan.