Beranda Makassar Di Milad Ke-65 Tahun, UMI Makassar Torehkan Banyak Prestasi

Di Milad Ke-65 Tahun, UMI Makassar Torehkan Banyak Prestasi

HERALDMAKASSAR.com – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Kota Makassar menggelar puncak peringatatan hari lahirnya ke-65 tahun (23 Juni 1954 23 Juni 2019) di Auditorium Al Jibra, Minggu (23/6/2019).

Bertambahnya usia, tentu dibarengi dengan pengharapan akan makin bertambahnya kedewasaan dalam berkarya, menguatkan komitmen akan perubahan demi kemajuan UMI menuju World Class University.

Dalam pidatonya, Rektor UMI Prof Basri Modding mengatakan milad UMI merupakan momen penting yang dirayakan dengan semangat, penuh kesyukuran dan kebahagiaan sekaligus refleksi diri, apa yang telah dilaksanakan dalam perjalanan sejarahnya dan agenda ke depan.

“Hal ini pula menyadarkan kepada kita semua civitas akademika UMI, menjadikan milad sebagai momentum refleksi dan mengukur langkah ke depan,” ujar Prof Basri.

Dia juga memaparkan, UMI saat ini membina l3 Fakultas dan Program Pascasaxjana (Magister dan Doktor) dengan jumlah 56 program studi, terdiri atas 34 Program studi jenjang S1, dua program studi D-III, 6 program profesi dan 11 program studi Magister (S2), serta 3 Program Doktor.

“Alhamdulillah, UMI telah meraih akreditasi unggul dengan nilai A bulan desember 2018 oleh BAN PT. Torehan prestasi ini, UMI kembali mencatat prestasi sebagai PTS pertama dan satu-satunya di luar Pulau Jawa. Bahkan dari empat ribu enam ratus tujuh puluh empat Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se Indonesia, UMI berada pada peringkat ke enam puluh empat Kemenristekdikti tahun 2018,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, salah satu ikhtiar yang juga telah dilakukan adalah akreditasi program studi oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) terutama kepada 17 program studi yang telah akreditasi A.

UMI juga mendapat kepercayaan dari kemenristekdikti sebagai Penerima Program Asuh PT Unggul 2019, “Kami patut berbangga karena UMI satu-satunya PT Indonesia Timur yang ditctapkan sebagai peneriman program tersebut Batch I,” tutur tutur Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini.

Dalam hibah ini, UMI akan mendampingi penyusunan SPMI, kepada 34 program studi dengan akreditasi C dari 45 perguruan tinggi yaitu 3 PT di Kabupatean Toli-Toli, Universitas Madako, STIP Mujahdidin dan STAI aL Munawarrah Toli-Toli dan Universitas lqra Buru, di Pulau Buru.

Sementara itu, orasi Ilmiah Milad ke-65 UMI juga disampaikan oleh Anwar Sanusi, selaku Sekjen Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan transmigrasi Republik Indonesia dengan tema “Pembangunan Karakter Unggul Nasional Pada Masyarakat Pedesaan dan Daerah Tertinggal”.

Dalam kesempatan tersebut, UMI juga Melaunching sebuah aplikasi yakni “UMI MEMO” pertama yang ada di perguruan tinggi seluruh lndoneisa yang berfungsi membantu mempermudah penyebaran informasi meeting dan event yang akan berlangsung.

Aplikasi tersebut dibuat oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer beserta tim, dan diharapkan dapat mendorong kinerja dan produktivitas kerja dalam lingkup UMI khususnya dalam menyampaikan informasi, berargumentasi ataupun dalam belinteraksi organisasi.