Beranda Makassar Begini Cara Satpol PP Makassar Ciptakan Rasa Aman ke Wisatawan

Begini Cara Satpol PP Makassar Ciptakan Rasa Aman ke Wisatawan

HERALDMAKASSAR.com – Untuk mewujudkan cita-cita kota berstandar Kota Dunia, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membentuk unit khusus Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pariwisata.

Secara fisik, dapat dilihat perbedaan dengan Satpol PP lainnya dari baju seragamnya yang berwarna biru muda dan celana berwarna biru gelap. Selain itu, anggota Satpol PP Pariwisata juga memakai topi dan dasi.

Kepala Satpol PP Makassar Iman Hud yang dikonfirmasi detikcom menyebutkan bahwa pembentukan unit Satpol PP Pariwisata untuk menjadikan kota Makassar sebagai kota dunia yang aman dan nyaman bagi para wisatawan yang berkunjung ke Makassar

“Tugas Satpol PP Pariwisata bertugas memberikan pelayanan informasi dan menciptakan rasa aman bagi wisatawan domestik maupun internasional yang berkunjung ke Makassar, khususnya di kawasan Pantai Losari. Jika wisatawan ingin menanyakan informasi atau keluhan langsung bisa direspons oleh Satpol PP Pariwisata,” ujar Iman.

Iman menambahkan proses rekrutmen Satpol PP Pariwisata dimulai awal tahun ini dengan menjaring 187 peminat menjadi 30 anggota Satpol PP Pariwisata baik pria maupun wanita.

“Yang diseleksi uang mempunyai keahlian terutama kemampuan bahasa asing, berpenampilan menarik, serta mendapat bimbingan teknik dari Kementerian Pariwisata,” tambah Iman.

Dalam kunjungan Menlu Australia Julie Bishop di Makassar, pada 23 Maret lalu, 30 anggota Satpol PP Pariwisata bertugas mengawal dan melakukan penjagaan di sekitar lokasi yang dikunjungi Menlu Australia, seperti Lorong Garden dan Museum Lagaligo, Makassar.

(***)