Beranda Makassar Aksi Cepat, BPBD Makassar Siagakan Tim di 4 Kecamatan

Aksi Cepat, BPBD Makassar Siagakan Tim di 4 Kecamatan

Tim BPBD mengevakuasi warga di Kampung Kajang Kelurahan Tamangapa Kec Manggala dengan ketinggian air sudah mencapai satu meter atau setinggi dada orang dewasa, Rabu (23/01).

HERALDMAKASSAR.com – Hujan deras yang disertai angin kencang beberapa hari terakhir ini sebagian wilayah Kota Makassar terendam banjir. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Rabu (23/01) ada empat kecamatan yang terkena dampak diantaranya Kecamatan Manggala, Tamalanrea, Biringkanaya dan Panakukang.

“Hujan yang terjadi sejak Senin (21/01) hingga hari ini mengakibatkan sejumlah titik banjir di empat kecamatan di wilayah Makassar,” kata Taufiek Rachman selaku Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar.

BPBD bersama tim gabungan mulai dari Dinsos, Dinas PU, Dinas Kesehatan dan PMI dibantu dari aparat TNI dan Polri hingga tadi malam sudah turun lapangan memberikan bantuan sekaligus mengevakuasi warga yang terkena dampak.

“Kemarin, ada tujuh perahu yang terdiri dari lima perahu karet dan dua perahu fiber dari BPBD yang diturunkan untuk mengevakuasi warga. Perahu ini kita sebar dan stand by kan di empat titik banjir,” tuturnya.

Tambah dia, ada delapan kendaraan operasional roda empat yang diturunkan yang terdiri dari tiga mobil ambulans, satu mobil rescue, satu mobil truk serbaguna dan tiga mobil pick up.

“Kemarin proses evakuasi di beberapa wilayah dilakukan sampai malam hari. Banyak laporan yang masuk dari 112 Makassar yang meminta bantuan untuk dievakuasi,” katanya.

Saat ini, BPBD bersama tim gabungan dan potensi SAR masih sementara melakukan evakuasi di beberapa titik di wilayah terdampak.

“Ketinggian air bervariasi di empat kecamatan, mulai dari lutut sampai leher orang dewasa. Ada 49 personil dari BPBD yang diturukan membantu mengevakuasi warga yang membutuhkan pertolongan,” katanya saat ditemui di lokasi banjir Perumahan Swadaya Mas.

Lanjut dia, warga sudah dievakuasi mengungsi di rumah kerabatnya, sebagian juga mengungsi di mesjid, geraja dan sekolah yang tidak jauh dari lokasi banjir.

Dia lalu memaparkan empat kecamatan yang tergenang air yakni kecamatan Manggala meliputi Jalan Tamangapa Raya III, Kampung Bontoa, Kampung Romang Tangaya, Kampung Kajang Kelurahan Tamangapa, Blok 8 & 10 Perumnas Antang, Kompleks Pemda, Kompleks IDI Kelurahan Manggala, serta Perumahan Swadaya Mas Kelurahan Batua.

“Kemudian, kecamatan Biringkanaya seperti di Kelurahan Paccerakkang diantaranya BTN Mangga Tiga, Perumahan Kodam III, BTN Nusa Harapan dan Perumahan Al Marhama Kompleks Depag (Daya) Jalan Perintis Kemerdekaan Kelurahan Paccerakkang serta Kampung Katimbang Kelurahan Katimbang,” katanya.

Kecamatan Tamalanrea meliputi Bumi Tamalanrea Permai (BTP) Blok M, G, H, AC, AD, AE, dan AF, BTN Nusa Harapan Permai (NHP) Kelurahan Tamalanrea Indah, Perumahan Bung Permai di Jalan Bung, BTN Antara dan BTN Hamsi Kelurahan Tamalanrea Jaya.

“Selanjutnya di kecamatan Panakukang yakni Asrama Polisi Panaikang Jalan Bilawayya Tello, BTN Citra Tello Permai Kelurahan Tello Baru,” ungkapnya.

(HM)