Beranda Makassar Hari AIDS Sedunia, Deng Ical Ajak Seluruh Elemen Lebih Peduli

Hari AIDS Sedunia, Deng Ical Ajak Seluruh Elemen Lebih Peduli

HERALADMAKASSAR – Puncak Peringatan Hari AIDS (HAS) sedunia 2018, Komisi Penanggulangan HIV-AIDS (KPA) Kota Makassar menyelenggarakan Semiloka yang dikemas dalam bentuk edutainment di Nipah Mall, Jumat (7/12) dengan tema Saya Berani, Saya Sehat.

Semiloka ini merupakan aksi dan semangat bagi Indonesia dengan yang diikuti oleh 500 peserta, dengan melibatkan lebih banyak kelompok remaja usia 15-24 tahun.

Wakil Walikota Makassar, Dr Syamsu Rizal MI, dalam kesempatan tersebut mengingatkan akan pentingnya setiap elemen mengambil peran sesuai dengan profesinya, agar secara bersama dapat mendorong percepatan tercapainya penurunan epidemi HIV sehingga dapat mencapai 3 zero, yaitu tidak ada infeksi baru HIV, tidak ada kematian akibat AIDS, dan tidak ada stigma dan diskriminasi untuk mencapai eliminasi HIV pada 2030.

“Setiap orang memiliki peluang terpapar virus HIV AIDS, namun setiap orang juga memiliki peluang untuk mengambil peran sesuai dengan profesi masing masing untuk bergerak bersama melakukan pencegahan dan pengendalian HIV AIDS,” ujarnya.

Selain itu, Deng Ical pun mengajak seluruh masyarakat untuj segera mengetahui status kesehatan sejak dini, sebagai salah satu cara memaksimalkan upaya pencegahan.

“Jangan ragu dan takut untuk melakukan tes HIV, ataupun melakukan pengobatan ARV, untuk mencegah status HIV ke AIDS. Dengan mengetahui status kesehatan sejak dini, maka kesehatab dan kualitas hidup tetap terjaga, sehingga kita tetap produktif untuk memberikan yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat,” ujarnya.