Beranda Makassar Perkuat Kejasama, FKM Unhas dan Uncen Tandatangani MoA

Perkuat Kejasama, FKM Unhas dan Uncen Tandatangani MoA

Penandatanganan MoA antara FKM Unhas dan FKM Uncen.

HERALDMAKASSAR.com – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) memperkuat kerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Cenderawasih (FKM Uncen).

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Dekan FKM Unhas dengan FKM Uncen yang berlangsung di Ruang Kandouw FKM Unhas Rabu, 28 November 2018.

Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam dalam sambutannya, menyampaikan bahwa ada beberapa staf yang dimiliki oleh FKM Uncen yang pernah dan sedang memperoleh pendidikan di FKM Unhas baik program magister maupun program doktor. Salah satu diantaranya adalah Prof. Dr. AL. Rantetampang, yang sukses mendirikan FKM Uncen, itu adalah alumni FKM Unhas.

“Kita perlu saling sinergi dan perkuat publikasi dan sitasi. Kita akan bentuk di FKM Unhas dapur publikasi dan untuk penelitian bersama. FKM Unhas memiliki Program PJJ dengan UNTAD untuk program magister dan doktor dan tidak menutup kemungkinan kita bisa lakukan bersama dengan Uncen,” ujar Aminuddin Syam.

Lebih lanjut, menurutnya, pihak Rektor Unhas sangat mengapresiasi penguatan kerjasama di Timur Indonesia.

Hadir dalam penandatanganan MoA, selain Dekan FKM Uncen, Dr. Arius Togodly, juga dihadiri oleh staf dosen FKM Uncen, dan bahkan disaksikan oleh Rektor Uncen, Dr. Ir. Apolo Safanpo.

Dalam Sambutannya Rektor Uncen memulai komentarnya dengan mengutip sebuah pernyataan presiden New Zealand.

Dia mengatakan bahwa New Zealand itu negara kecil pasti kalah dengan Amerika kalau itu berkompetisi tetapi kita bisa belajar dari Amerika.

“Kira-kira sama dengan UNCEN dan Unhas saya harus belajar dari Unhas. Sulawesi dan Papua ada banyak kesamaan sehingga sangat layak jika kerjasama ini dilakukan dengan baik. Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Dekan FKM Unhas, saat ini Kami sedang dan terus belajar bagaimana memperbaiki akademik. Uncen merupakan lembaga instansi pertama di Indonesia yang ada di Papua dalam sejarahnya,” ucapnya.

Rektor Uncen mengatakan tertarik untuk mengirim alumni FKM Uncen untuk lanjut program magister di FKM Unhas sehingga bisa dipersiapkan untuk menjadi dosen di Uncen.

Hadir dalam penandatanganan tersebut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, Ketua Program Studi S3, Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, dan Dekan FKM Unhas periode sebelumnya, Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli.(*)

(HM/IR)