Beranda Headline News Tumbangkan Meksiko, Brasil Amankan Satu Tempat di Perempat Final

Tumbangkan Meksiko, Brasil Amankan Satu Tempat di Perempat Final

POJOKSULSEL.com, MOSKOW – Brasil memastikan diri lolos perempat final usai menaklukkan Meksiko di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Pada laga di Cosmos Arena (Samara), Senin (2/7/2018) malam WIB, Neymar dan Roberto Firmino memastikan Brasil menang 2-0.

Sukses Brasil melaju ke babak perempat final sekaligus mengubur potensi kejutan yang menghantui tim-tim besar di Rusia. Sebelumnya, Meksiko sudah membuat juara bertahan, Jerman takluk di fase penyisihan grup.

Sejumlah tim unggulan juga tersingkir di fase 16 besar ini. Mulai Argentina, Portugal, hingga Spanyol.

Tapi Brasil tampil beda. Meski mendapat perlawanan sengit dari El Tri (julukan Meksiko), namun tim besutan Tite mampu keluar dari tekanan.

Di babak pertama, Neymar Cs memang dibuat frustasi oleh penampilan gemilang Guillermo Ochoa. Kiper Meksiko itu menggagalkan sejumlah peluang yang didapat Gabriel Jesus dan Neymar.

Tapi memasuki menit 51, pertahanan Meksiko jebol juga. Berawal dari penetrasi Willian dari sisi kiri, winger Chelsea itu mengirim umpan silang mendatar ke mulut gawang.

Upaya Jesus menyontek bola gagal, tapi tidak dengan Neymar. Bomber Paris Saint Germain itu sukses menceploskan si kulit bundar ke gawang yang sudah kosong. 1-0 Brasil unggul.

Tertinggal 0-1, Meksiko mulai keluar menyerang. Tapi upaya Hirving Luzano belum membuahkan hasil.

Jelang waktu normal berakhir, Tite tampak mencoba mengamankan kemenangan dengan memasukkan Fernandinho. Roberto Firmino juga masuk menggantikan Coutinho pada menit 86.

Baru dua menit menginjakkan kaki di lapangan, Firmino langsung mencatatkan namanya di papan skor. Lewat serangan balik, penyerang Liverpool itu sukses mengonversi bola sodoran Neymar menjadi gol.

Brasil kini unggul 2-0. Sementara Meksiko masih kesulitan menembus pertahanan juara dunia 2002 itu. Hingga laga usai skor tak berubah dan Brasil pun melenggang ke babak perempat final menunggu pemenang Belgia kontra Jepang.

Susunan pemain Brasil vs Meksiko:

Brasil XI: Alisson; Fagner, Silva, Miranda, Filipe; Paulinho, Casemiro, Coutinho; Willian, Gabriel Jesus, Neymar.

Meksiko XI: Ochoa, Edson, Ayala, Salcedo, Gallardo, Rafa, Herrera, Guardado, Vela, Lozano, Chicharito.

(is/pojoksulsel)