Beranda Headline News Drama 7 Gol, Prancis Singkirkan Argentina di Piala Dunia 2018

Drama 7 Gol, Prancis Singkirkan Argentina di Piala Dunia 2018

POJOKSULSEL.com, MOSKOW – Prancis berhasil melanjutkan langkahnya ke babak perempat final Piala Dunia 2018. Tim asuhan Didier Deschamps tidak terbendung meski harus meladeni Argentina di Stadion Kazan Arena, Sabtu (30/6/2018) malam WITA.

Sementara, Argentina harus mengakhiri petualangan di Piala Dunia 2018 dengan kekalahan 4-3.

Prancis membuka keunggulan lewat gol Antoine Griezmann dari titik putih di menit 13. Namun,  Angel Di Maria berhasil menyamakan kedudukan jelang turun minum di mneit 41 lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Babak pertama berakhir dengan skor 1-1.

Pertandingan itu sendiri berlangsung ketat sejak wasit Alireza Fahgani asal Iran meniup peluit kick-off tanda pertandingan dimulai. Argentina langsung tampil menekan sejak menit awal untuk mencuri momen lewat kreasi serangan yang dikonstruksi Lionel Messi.

Namun, upaya serangan La Albiceleste masih mampu dimentahkan para pemain belakang Les Blues yang digalang Pavard. Prancis bahkan mampu membuka peluang emas lewat eksekusi tendangan bebas di menit 8. Sayang, sepakan melengkung Antoine Griezmann masih mengenai mistar gawang.

Griezmann sendiri akhirnya mampu memecah kebuntuan setelah maju sebagai algojo titik putih di menit 13 setelah Prancis mendapat hadiah penalti.

Bek Argentina Marcos Rojo diganjar kartu kuning setelah melanggar pergerakan Kylian Mbappe di dalam kotak terlarang. Griezmann yang maju untuk mengeksekusi bola sukses menjalankan tugasnya. Sepakan pelan mendatarnya mengecoh kiper Armani. 1-0 untuk Prancis.

Memasuki menit 19, Prancis nyaris mendapatkan hadiah penalti yang kedua setelah Kylian Mbappe dilanggar Tagliafico.

Namun,wasit melihat Mbappe terjatuh tepat di depan garis luar kotak terlarang sehingga hanya menghadiahi tendangan bebas untuk Prancis, namun gagal dimanfaatkan oleh Paul Pogba setelah tendangannya melambung di atas mistar gawang.

Memasuki menit-menit akhir, Argentina mampu bangkit dari tekanan untuk melakukan serangan balik yang cepat. Upaya mereka pun akhirnya berbuah hasil setelah Angel Di Maria melesakkan tendangan kerasnya dari luar kotak penalti yang gagal diantisifasi Lloris.

Gol berawal setelah Maria mampu mengonversi umpan datar Banega di depan luar kotak terlarang Prancis. Gol gelandang Paris Saint-Germain itu pun menjadi gol penutup untuk menyudahi laga babak pertama dengan skor 1-1.

Ekspresi kekecewaan pemain Timnas Argentina setelah tersingkir di Piala Dunia 2018

Tak lama setelah dimulainya babak kedua, Argentina sempat membalikkan keadaan. Pada menit 48, gol dicetak secara tidak sengaja oleh Gabriel Mercado. Bola yang ditendang Lionel Messi berbelok masuk ke gawang usai mengenai kaki bek Argentina tersebut

Namun mental skuad Les Bleus sangat luar biasa. Mereka tidak tertekan meski harus tertinggal di awal paruh kedua. Dalam waktu relatif singkat, Prancis justru mampu membalikkan keunggulan atas Argentina.

Sepakan melintir jarak jauh yang dilepaskan Benjamin Pavard dari luar kotak penalti pada menit 57 menjadi titik balik Timnas Prancis. Setelah gol itu, Argentina seolah kehilangan kepercayaan diri meladeni anak didik Didier Deschamps.

Tak lama berselang, dua gol berhasil disumbangkan oleh Kylian Mbappe. Sang pemain sukses mengoyak gawang Argentina pada menit 64 dan 68.

Jelang akhir laga, Argentina mendapat gol hiburan. Skor berubah 4-3 berkat sepakan Sergio Aguero.

Kedudukan tersebut bertahan hingga bubaran. Argentina terpaksa pulang kampung, sementara Prancis masuk ke babak perempat final dan akan menunggu lawannya yakni Portugal atau Uruguay.

Susunan pemain
Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; N’golo Kante, Paul Pogba; Blaise Matuidi (Corentin Tolisso 75′), Antoine Griezmann (Nabil Fekir 83′), Kylian Mbappe (Florian Thauvin 89′); Olivier Giroud.

Argentina (4-3-3): Franco Armani; Gabriel Mercado, Nicolas Otamendi, Marco Rojo (Federico Fazio 46′), Nicola Tagliafico; Javier Mascherano, Ever Banega, Enzo Perez (Sergio Aguero 66′); Cristian Pavon (Maximiliano Meza 75′), Angel Di Maria, Lionel Messi.

(is/pojoksulsel)