Beranda Headline News Pemprov Pastikan Longsor Bone Tak Mengganggu Pendistribusian Logistik Pilkada

Pemprov Pastikan Longsor Bone Tak Mengganggu Pendistribusian Logistik Pilkada

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan cepat memperbaiki jalan-jalan yang tertimbun material longsor di Desa Ponreponre, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone.

Langkah taktis ini dilakukan agar tidak mengganggu pendistribusian logistik Pilkada. Sebab, saat ini logistik surat suara Pilkada serentak 2018 harus segera disalurkan oleh KPUD Bone.

Data yang diterima pojoksulsel, terdapat 4 desa dengan jumlah wajib pilih seribuan lebih tersebut terisolir akibat terputusnya aksisibilitas di Jalan Poros Tanah Batue, Ponreponre. Jaraknya sekitar 7 km dari jalan provinsi di Kabupaten Bone.

Karena itu, Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel dengan cepat membuka jalan dan membangun jembatan darurat agar, pendistribusian surat suara tidak terganggu.

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel Jumras, yang turun langsung ke lokasi longsor mengatakan, pihaknya memanfaatkan material yang ada di sekitar lokasi untuk membuat jalan darurat. Adapun jembatan darurat yang dibangun sepanjang 15 meter.

“Kami membangun jembatan darutat dengan memotong pohon yang ada di sekitar lokasi,” kata Jumras.

Dia menjelaskan, jalan yang tertimbun material longsor di Kecamatan Libureng tersebut mencapai 30 meter.

Untuk itu, sejumlah alat berat didatangkan langsung dari Kota Makassar untuk membersihkan material longsor yang menimbun jalan pada Kamis (21/6/2018).

“Intensitas hujan yang tinggi beberapa hari terakhir menyebabkan terjadinya longsor di Bone,” kata Jumras.

Langkah taktis ini dilakukan lantaran pembangunan jembatan semi permanen, membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Sementara, pendistribusian logistik Pilkada harus segera disalurkan.

Karenanya, sambung Jumras, jembatan Bailey (Belly) yakni jembatan rangka baja ringan berkualitas tinggi, yang mudah dipindahkan atau jembatan sementara bisa menjadi solusi.

“Kami ambil tindakan darurat sambil membuat jembatan darurat yg lebih baik,” kata Jumras yang turun langsung ke lapangan.

Untuk pembangunan jalan permanen beton, juga sudah dibicarakan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone.

(muh fadly/pojoksulsel)