Beranda Makassar Pj Gubernur Sulsel Minta Siskamling Diaktifkan Kembali

Pj Gubernur Sulsel Minta Siskamling Diaktifkan Kembali

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono meminta kepada agar, sistim keamanan lingkungan (Siskamling) diaktifkan kembali oleh tiga matra, yakni TNI, Polri, dan pemerintah kelurahan/desa.

Hal ini disampaikan Sumarsono saat memberikan pengarahan pada kegiatan sinergitas 3 pilar Provinsi Sulsel, di Gedung Balai Manunggal Makassar, Jalan Jenderal Sudirman, Senin (4/6/2018).

“Pengaktifan kembali Siskamling, ini disebabkan karena pasca peristiwa bom Surabaya,” ujar Sumarsono.

Dia mengatakan, pengefektifan pos Siskamling di tingkat kelurahan/desa, akan mampu meminimalisir berbagai macam ancaman di masyarakat.

Tidak hanya itu, dia juga meminta agar setiap pendatang baru di satu keluarahan/desa melaporkan diri kepada aparat setempat dalam waktu 1 × 24 jam.

Lalu, aparat setempat, baik itu lurah/kepala desa, maupun Babinsa dan Bhabinkamtibmas, proaktif mendatangi setiap pendatang baru di tempat mereka bertugas.

Arahan lain, Sumarsono di hadapan para lurah/kepala desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk meningkatkan forum kewaspadaan dini masyarakat.

Terlebih, dalam menghadapi Pilkada serentak pada tanggal 27 mendatang, Sumarsono menginstruksikan kepada para camat untuk tidak meliburkan diri. Mereka diminta untuk mengelola wilayahnya secara maksimal.

(muh fadly/pojoksulsel)