Beranda Makassar Rektor UNM Kukuhkan Ahmad Rifqi Asrib dan Lu’mu Taris Sebagai Guru Besar

Rektor UNM Kukuhkan Ahmad Rifqi Asrib dan Lu’mu Taris Sebagai Guru Besar

HERALDMAKASSAR – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam kembali mengukuhkan dua profesor atau guru besar baru.

Sidang terbuka luar biasa dalam rangka pengukuhan guru besar tersebut berlangsung di Ballroom Teater Menara Pinisi UNM, Selasa 19 Desember 2023.

Kedua guru besar yang dikukuhkan Prof. Dr. Ir. Ahmad Rifqi Asrib, M.T, dalam bidang ilmu pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan serta Prof. Dr. Hj. Lu’mu Taris, M.Pd, dalam bidang ilmu Teknologi Pendidikan.

Prof Husain Syam dalam sambutannya menyampaikan kedua profesor yang dikukuhkan berasal dari Kabupaten Bulukumba yang sangat luar biasa disiplin ilmunya.

“Kita berharap tidak berhenti kebahagiaan sampai disini, harus muncul ide yang mampu mengembangkan keilmuan dan dilaksanakan kepada masyarakat maupun perguruan tinggi,” ujarnya.

Menurutnya, pengukuhan profesor merupakan bagian dari pertanggungjawaban sekaligus memproklamirkan kepada masyarakat tentang ide yang diciptakan.

“Saya mengajak Prof Rifqi dan Prof Lu’mu untuk menyelesaikan sebuah persoalan dengan ilmu sistem yang paling tepat ditengah masyarakat,” cetusnya.

Rektor dua periode yang akrab disapa PHS ini juga mengapresiasi hasil penelitian yang disampaikan oleh kedua profesor tersebut.

“Partisipasi publik dalam pengelolaan sumber kekayaan alam sangat penting, sehingga pemerintah sebagai operator penyelenggara negara harus mau memfasilitasi partisipasi publik,” katanya.

Dari partisipasi publik yang baik, kata PHS, maka pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan akan semakin mudah diwujudkan.

“Kemudian tidak ada lagi kata lain untuk merancang sebuah pembelajaran tanpa adanya teknologi dalam pendidikan. Inilah pemikiran yang mereka tawarkan kepada kita semua bahwa ide dan gagasan yang diciptakan sangat luar biasa,” pungkasnya.