Beranda Makassar Nur Agus Salim Asal Kecamatan Mariso, Sang Jawara Festival Kelong Makassar 2023

Nur Agus Salim Asal Kecamatan Mariso, Sang Jawara Festival Kelong Makassar 2023

Nur Agus Salim

HERALDMAKASSAR – Berakhir sudah babak grand final Festival Kelong Makassar 2023 yang digagas oleh Dinas Kebudayaan Kota Makassar, diikuti oleh 15 finalis dari 15 kecamatan berlomba membawakan lagu daerah Bugis Makassar.

Nama Nur Agus Salim pun diumumkan sebagai juara terbaik 1 pada gelaran Festival Kelong Anak Lorong tersebut yang dilaksanakan di Benteng Fort Rotterdam Makassar, Sabtu (19/8/2023) malam.

Pria 35 tahun asal Kecamatan Mariso itu berhasil keluar sebagai pemenang lomba menyanyi lagu daerah setelah melewati tahap penyisihan di fase kedua hingga babak grand final.

Pada babak grand final ini, Nur Agus Salim membawakan lagu daerah Makassar berjudul “Ati Raja” yang dipopulerkan oleh Iwan Tompo.

Setelah mendengar namanya diumumkan sebagai juara 1, Agus sontak sujud syukur saat dirinya hendak naik ke atas panggung sambil menyapa ribuan penonton yang hadir.

Al hasil, Nur Agus Salim mendapat hadiah sebesar Rp7 juta dan penghargaan dari Dinas Kebudayaan Kota Makassar sebagai tanda apresiasi atas capaian yang telah ditorehkan pada ajang Festival Kelong Makassar.

Sekretaris Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Makassar, Muhammad Fadli Tahar mengatakan Nur Agus Salim memang merupakan kontestan terbaik yang keluar sebagai pemenang.

“Selamat kepada pemenang lomba Festival Kelong Makassar, khususnya juara 1 kami berjanji akan mengawal terus dan memberikan pendampingan serta bimbingan,” ujarnya.

Sejak Festival Kelong Makassar ini digelar, Fadli menyampaikan bahwa siapa saja yang keluar sebagai juara terbaik 1 akan diberikan penghargaan lebih dari Dinas Kebudayaan.

“Jadi siapa saja yang juara 1, kita berjanji akan menjadikannya artis di Kota Makassar, sekaligus membuatkan single terbaru dan video klip untuk ditampilkan di TVRI serta berbagai kegiatan pemerintah kota Makassar,” ungkapnya.