Beranda Makassar Kerlap Kerlip Baju Adat Bugis-Makassar Warnai Fase Keempat Audisi Festival Kelong Makassar

Kerlap Kerlip Baju Adat Bugis-Makassar Warnai Fase Keempat Audisi Festival Kelong Makassar

HERALDMAKASSAR – Memasuki Fase 4 audisi Festival Kelong Makassar Anak Lorong, beragam riasan menarik pakaian adat Bugis-Makassar mewarnai acara yang digelar Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Makassar ini.

Hal ini dapat dilihat dari beragam warna baju yang di pakai para peserta audisi yang berasal dari tiga Kecamatan, yakni Tallo dan Ujung Tanah dan Sangkarrang.

Kepala Bidang (Kabid) Penerapan Seni dan Budaya, Disbud Kota Makassar Irmayanti mengatakan, pakaian adat yang dipakai oleh para peserta merupakan hal wajib agar sesuai dengan tema acara.

“Memang kita wajibkan ke para peserta untuk pakai baju adat khas Sulawesi Selatan,” ujarnya usai menyampaikan sambutan pada audisi Festival Kelong Makassar di Monumen Korban 40.000 Jiwa, Sabtu (5/8/2023).

Ia menyebut, pakaian adat tersebut juga masuk dalam penilaian para dewan juri, selain mengasah kreativitas para peserta dalam mempersiapkan diri mengikuti lomba.

“Masuk penilaian juga, disini kreativitas para peserta dilihat sebagai nilai tambahan untuk lolos audisi,” jelasnya.

Ajang lomba kelong Makassar kali ini diikuti oleh 30 peserta. para peserta lomba berasal dari berbagai umur, mulai umur 12 tahun hingga lanjut usia.