Beranda Makassar 30 Peserta Ikuti Audisi Fase 3 Festival Kelong, Disbud Makassar: Tunjukkan yang...

30 Peserta Ikuti Audisi Fase 3 Festival Kelong, Disbud Makassar: Tunjukkan yang Terbaik

HERALDMAKASSAR – Audisi pencarian bakat di bidang tarik suara atau lomba menyanyi lagu daerah dalam rangka Festival Kelong Makassar 2023 (Kelong Anak Lorong) kembali bergulir.

Kali ini, event yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Kota Makassar memasuki fase ketiga audisi yang melibatkan peserta dari Kecamatan Mamajang, Tamalate dan Panakkukang.

Fase ketiga ini mempertandingkan sebanyak 30 peserta untuk menunjukkan talenta bernyanyi lagu daerah, di Jl Manunggal (Dekat Taman Maccini Sombala), Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Minggu (30/7/2023).

Sekretaris Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Makassar, Muhammad Fadli Tahar saat membuka audisi fase 3 menyampaikan peserta harus betul-betul menampilkan talenta terbaiknya.

“Ini bukan hanya sebatas kegiatan seremoni mencari siapa pemenang, tapi bagaimana menumbuhkan rasa cinta seni dan budaya kita itu kembali bangkit dan disampaikan ke orang lain bahwa kita memiliki budaya yang besar dan sangat dikenal,” ujarnya.

Menurut Fadli, bagaimana membuat kegiatan festival Kelong Makassar ini bisa berkelanjutan, bisa menambah wawasan masyarakat untuk mencintai budaya dengan sebuah gerakan menjadikan ajang ini ditunggu oleh semua kalangan.

“Jadi kita tidak hanya menghadirkan begitu saja, ada output kedepannya bagaimana para pemenang bisa bina dan memperlihatkan bahwa masih banyak anak-anak kita yang sadar akan budayanya,” ungkapnya.

Karena itu, dirinya berharap para peserta audisi bisa bersaing secara maksimal, apalagi menyanyikan lagu daerah itu tidak mudah. Butuh penghayatan dan penjiwaan agar kena dengan filosofinya.

“Selamat bertanding, tunjukkan bahwa anda semua penyanyi lagu daerah khas Sulawesi Selatan yang benar-benar cinta dengan seni dan budaya,” pungkasnya.