Beranda Makassar Sekdisbud Harap Fase 2 Audisi Festival Kelong Makassar Hadirkan Talenta Terbaik

Sekdisbud Harap Fase 2 Audisi Festival Kelong Makassar Hadirkan Talenta Terbaik

HERALDMAKASSAR – Fase 2 audisi Festival Kelong Makassar 2023 (Kelong Anak Lorong) kembali berlangsung di Lapangan Tenis Kompleks PLN, Kelurahan Gaddong, Kecamatan Mariso, Sabtu (29/7/2023).

Pada fase 2 ajang lomba menyanyi lagu daerah ini melibatkan para peserta yang telah mendaftarkan dirinya berasal dari warga Kecamatan Wajo, Bontoala dan Mariso.

Sekretaris Dinas Kebudayaan (Sekdisbud) Kota Makassar, Muhammad Fadli Tahar mengatakan pihaknya mulai mencoba membangkitkan kembali gairah rasa cinta terhadap lagu-lagu daerah khususnya Bugis Makassar.

“Karena kita lihat sekarang masyarakat lebih bangga dan merasa gaul kalau mengetahui lagu-lagu dari luar seperti yang trend, daripada lagu Makassar dan Bugis,” ujar Fadli saat membuka Fase 2 audisi Festival Kelong Makassar.

Fadli menyampaikan berangkat dari kegelisahan inilah Dinas Kebudayaan Kota Makassar mencoba membangkitkan kembali di bidang menyanyi atau tarik suara untuk mencari talenta terbaik m

“Karena bagaimana bisa mencintai budaya kita dengan mengenal budaya sendiri, kemudian memperkenalkan ke orang lain,” jelasnya.

“Karena kita tahu budaya dan seni kita itu sangat dihargai di luar, berapa banyak negara lain yang maju karena budayanya,” tambah Fadli.

Menurutnya, sebagai masyarakat Makassar yang punya banyak budaya sejak, melalui festival tersebut Disbud Makassar sengaja melibatkan berbagai unsur untuk mencari bakat-bakat di bidang lagu daerah.

“Lomba ini akan sustainable dan berkelanjutan setiap tahunnya, kemudian kontestan yang juara akan kita bina terus dan memberikan jenjang serta wadah, seperti contoh dibuatkan video klip, lagu dan tampil diberbagai event bahkan kegiatan pemerintah kota,” Pungkasnya. (*)