Beranda Makassar Nurdin Halid Sandang Profesor Kehormatan Dari UNM, PHS: Pengalaman Politik dan Ekonomi...

Nurdin Halid Sandang Profesor Kehormatan Dari UNM, PHS: Pengalaman Politik dan Ekonomi Beliau Matang

HERALDMAKASSAR – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam secara resmi mengukuhkan Prof. Dr. (Hc), Drs. HAM Nurdin Halid sebagai Profesor Kehormatan bidang Ilmu Sosiologi Ekonomi.

Pengukuhan Ketua Umum IKA UNM tersebut sebagai profesor kehormatan berlangsung di Ballroom Teater Menara Pinisi UNM, Senin 17 Juli 2023.

UNM memberikan gelar Profesor Kehormatan kepada Nurdin Halid sebagai tokoh yang dinilai patut dan pantas dari segi non-akademik atau guru besar tidak tetap.

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Mendikbud Ristek No 38 Tahun 2021 dijelaskan, setiap orang yang memiliki kompetensi dan prestasi luar biasa dapat diangkat oleh Menteri sebagai profesor kehormatan pada perguruan tinggi.

Sebelum dikukuhkan, Prof Nurdin Halid menyampaikan pemikirannya tentang Koperasi Menjadi Pilar Negara untuk Memperkokoh Karakter Bangsa dan Mewujudkan Kesejahteraan Sosial (Paradigma dan Pendekatan Baru Sosiologi Ekonomi Koperasi Dalam Kerangka Politik Ekonomi Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945).

Beberapa poin penting juga disampaikan Prof Nurdin Halid, koperasi membangun karakter Bangsa berbasis nilai-nilai koperasi yang berujung pada penguatan demokrasi dan persatuan dalam bingkai NKRI.

Kemudian, koperasi memajukan kesejahteraan umum (mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan). Koperasi bisa diandalkan sebagai garda terdepan merawat bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.

Koperasi dapat merawat dan melestarikan Budaya Gotong-royong dan budaya kearifan Lokal Bhineka Tunggal Ika, dan Koperasi dapat menjamin kedaulatan dan ketahanan pangan serta energi.

Sementara itu, Rektor UNM, Prof Husain Syam dalam sambutannya mengatakan semua dalam pemberian gelar profesor kehormatan telah dipenuhi oleh Prof Nurdin Halid. Karena kepiawaiannya sebagai politisi dan sebagai ahli ekonomi.

“Tidak semua konsep teori bisa kita lakukan di kampus, itulah sebabnya maka dibutuhkan sosok seperti Prof Nurdin Halid sebagai penggerak dan menginspirasi bagi mahasiswa dan masyarakat,” ujarnya.

Rektor UNM dua periode yang akrab disapa PHS ini berharap pemberian gelar tersebut diharapkan dapat dijadikan dorongan dan semangat dalam pengembangan SDM di Indonesia.

“Satu hal yang penting bagi Prof Nurdin Halid bahwa teruslah berkarya untuk negeri, dan tulis pikiran itu kemudian bawa kepada para mahasiswa dalam pengayaan wawasan dan keilmuan,” harapnya.

“Misalnya di bidang pengalaman politik dan mensejahterakan masyarakat serta dimana seorang Prof Nurdin Halid berkecimpung saat ini bawalah ke UNM untuk dijadikan pikiran dan ilmu pengetahuan bagi mahasiswa,” tambah PHS.

Pemberian dan pengukuhan gelar profesor kehormatan ini juga turut dihadiri sejumlah tokoh nasional yakni, Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk Freidrich Paulus, Anggota DPR RI, Senator DPD RI, Kepala Daerah, Rektor Unnes, serta jajaran Forkopimda Sulsel.