Beranda Makassar 200 Penari Pakarena Tampil Atraktif dan Bikin Terpukau Ratusan Kepala Daerah se-Indonesia

200 Penari Pakarena Tampil Atraktif dan Bikin Terpukau Ratusan Kepala Daerah se-Indonesia

HERALDMAKASSAR – Sebanyak 200 penari pakarena diatas perahu katinting membuat ratusan kepala daerah se-Indonesia dibuat terpukau oleh tarian khas Sulawesi Selatan.

Termasuk, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian usai memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXVII di Makassar dirangkaikan dengan Hari Kebudayaan yang digelar di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (29/4/2023).

Tarian pakarena khas Makassar memang menjadi rangkaian kegiatan peringatan Hari Kebudayaan ke-5 tahun ini, sekaligus memperkenalkan kesenian Bugis Makassar.

Diiringi oleh musik toriolo diatas perahu katinting, para penari dari sejumlah sanggar seni di Kota Makassar terlihat atraktif dan kreatif memainkan tarian pakarena.

Para kepala daerah se-Indonesia pun terlihat terpukau sambil memberikan aplaus.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Andi Herfida Attas yang turut mendampingi Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto sudah jauh hari mempersiapkan rangkaian kegiatan hari kebudayaan.

Hal ini merupakan bentuk dukungan Pemkot Makassar sebagai penyelenggara kegiatan Hari OTDA ke-XXVII Tahun 2023.

Tari Pakarena menggambarkan Kota Makassar termasyur yang seluruh pelosok negeri sebagai salah satu wilayah Maritim di Indonesia.

Di sela-sela itu terdapat rangakaian seperti, upacara inti lalu dilanjutkan dengan Foto Bersama di Depan Anjungan Pantai Losari, menyaksikan Pertunjukan Budaya Tari Pakarena yang diperagakan 200 penari di atas 100 perahu nelayan.

Kemudian dilanjutkan pelaksanaan Festival Inovasi, Festival Makan Coto Makassar di Anjungan Pantai Losari.