Beranda Sulsel Dosen Pertanian UMI Edukasi Warga Soal Pemanfaatan Bubuk Kayu Manis

Dosen Pertanian UMI Edukasi Warga Soal Pemanfaatan Bubuk Kayu Manis

HERALDMAKASSAR – Dosen Fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Minggu 25 September 2022.

Kegiatan ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Ketua pelaksana PKM Anwar Robbo dan Muliaty Galib sebagai anggota pelaksana.

Kegiatan pengabdian tersebut mengangkat judul: Pemanfaatan Bubuk Kayu Manis Sebagai Biopestisida Untuk Tanaman Hias Pada Kelompok Tani Anyelir yang diikuti puluhan orang.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan memberikan edukasi mengenai pentingnya memiliki keterampilan dalam upaya memperkenalkan bahwa bubuk kayu manis yang selama ini lebih banyak dikenal sebagai bumbu dapur.

Namun ternyata dapat juga dijadikan sebagai biopestisida alami untuk mencegah serangan penyakit yang disebakan oleh bakteri, jamur dan serangga.

Ketua pelaksana PKM, Anwar mengatakan pemanfaatkan kayu manis sebagai biopestisida nabati khususnya untuk tanaman hias lebih ramah lingkungan karena berbahan alami serta harga yang cukup murah dibandingkan pestisida kimia.

“Selain itu mudah dibuat dan praktis dalam penggunaannnya saat mengaplikasikan,” ujarnya.

Selain itu, kayu manis bubuk juga dapat membantu perkembangan akar tanaman. Serta menjaga tanaman dari gangguan serangga.