Beranda Makassar Peringati Hari Kebudayaan ke-4, Walikota Makassar Ajak Masyarakat Pakai Busana Adat

Peringati Hari Kebudayaan ke-4, Walikota Makassar Ajak Masyarakat Pakai Busana Adat

HERALDMAKASSAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar peringati Hari Kebudayaan Kota Makassar yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali ini berlangsung di Jalan Balaikota Makassar, Jumat (1/4/2022).

Dalam peringatan Hari Kebudayaan 2022 ini, Pemkot Makassar bersama Dinas Kebudayaan Kota Makassar hadirkan parade kebudayaan dengan tema “Warna Warni Budaya Makassar”.

Menyambut hari kebudayaan ini, masyarakat diminta untuk menggunakan pakaian adat. Hal ini bertujuan agar menjadi simbol perayaan sesuai dengan tema warna warni budaya Makassar.

Dalam sambutannya, Moh. Ramdhan Pomanto selaku Wali Kota Makassar mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghidupkan kembali nilai-nilai lokal yang positif dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita punya budaya taro ada taro gau atau budaya komitmen dan ada juga budaya tidak suka rantasa. Ini adalah nilai lokal yang positif yang mari kita hidupkan dalam kehidupan kita sehari-hari,” ungkap Wali Kota yang biasa disapa Danny ini.

Danny juga meminta masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan menggunakan pakaian adat.

“Mariki’ semua pakai busana adat di hari kebudayaan. Pakaian adat kita berbeda dan begitu menawan, yang pakai pasti terlihat gagah dan cantik. Itulah mengapa dikatakan warna warni budaya Makassar. Hari kebudayaan, kita akan mengenang masa kecil di tengah pergeseran zaman,” jelas Danny.

Selain itu, festival ini juga menyajikan kegiatan Upacara Hari Kebudayaan, Gandrang Bulo 1000 Lorong, Lomba Karya Busana Karnaval, Malam Budaya, serta Carnaval Day yang berpusat di depan Museum Kota Makassar. (*)