Beranda Makassar Hasanuddin Leo Minta Pemerintah Beri Perhatian Lebih ke Guru Mengaji

Hasanuddin Leo Minta Pemerintah Beri Perhatian Lebih ke Guru Mengaji

HERALDMAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Hasanuddin Leo meminta pemerintah kota (Pemkot) bisa memberikan perhatian lebih ke guru mengaji. Sebab, inisiatif yang diberikan dinilai masih tak proporsional sesuai jumlah.

Hal itu dia sampaikan saat menggelar sosialisasi peraturan daerah (perda) nomor 1 tahun 2012 tentang Baca Tulis Alquran, di Hotel Phinisi Traveler, Jalan Lamadukelleng, Sabtu (12/3/2022).

“Pemerintah memberikan insentif guru mengaji hanya satu guru setiap masjid. Padahal, ada masjid yang banyak guru mengajinya karena santrinya banyak. Inilah saya kira pemerintah perlu hadir,” kata Hasanuddin Leo.

Ada juga, kata Politisi Partai Amanat Nasional ini, masjid yang tidak memiliki guru mengaji. Belum lagi, insentif ini diberikan hanya sekali setahun dengan nominal yang dinilai tak sesuai dengan dampak yang diberikan.

“Kalau tidak bisa perbulan, bisa triwulan. Supaya anak muda yang mengabdikan diri mengajar baca tulis Alquran tetap terjaga,” paparnya.

Dia juga menyinggung soal perhatian orang tua. Di mana, iuran mengaji yang tak seberapa dikeluhkan sementara les atau kursus pribadi bahasa Inggris atau Matematika bisa dilunasi meski pembayarannya lumayan besar.

“Artinya, ayo buka pemikiran orang tua terkait Alquran. Kitab Allah ini sumber dari segala ilmu dan bisa menjadi modal bagi perkembangan anak,” tukasnya.

Terpisah, Narasumber Kegiatan, Moh. Syarief mengatakan, pemerintah kota memiliki program terkait baca tulis Alquran. Diantaranya, lomba menghafal Quran yang hadianya meningkat menjadi Rp700juta.

“Kita ingin, pak wali ingin muliahkan ini penghafal Alquran. Sebab, mereka menjaga bacaannya. Ketika dia berdoa maka dikabulkan karena makbul,” ungkap Syarief.

Kemudian, sambung Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Makassar ini, tahfids weekend. Program ini akan dimulai di April-November 2022 mendatang.

“Kita sisa menunggu kesiapan masjid. Kalau sudah ada kita jalan,” katanya.