Beranda Makassar Al Hidayat Syamsu Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan di Makassar

Al Hidayat Syamsu Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan di Makassar

HERALDMAKASSAR.COM – Anggota DPRD Kota Makassar, Al Hidayat Syamsu kembali menggelar sosialisasi peraturan daerah (perda) nomor 1 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan, di Hotel Maxone, Minggu (12/12/2021).

Pada kesempatan ini, Al Hidayat Syamsu mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Kota Makassar. Pasalnya, indeks pendidikan terus mengalami penurunan ditengah pandemi covid-19.

“Kita harap apa yang digambarkan didalam RPJMD pemerintah kota khususnya soal pendidikan bisa diimplementasikan secara merata di lapangan,” ucap Al Hidayat Syamsu.

Dia menjelaskan, kewenangan Kota Makassar ada di tingkat TK hingga SMP. Sehingga, memang pembentukan karakter bisa dibangun dari dasar pendidikan. Baik, formal, informal dan non-formal.

“Pendidikan ini penting. Karena tanggungjawab kita mulai dari TK sampai SMP maka pembentukan karakter yang menjadi utama,” katanya.

Dia mencontohkan dengan konsep belajar Bording School atau sekolah asrama. Di mana, guru dan orang tua melihat dan memahami karakter peserta didik.

“Saya kagum dengan bording school. Kita ingin, siswa mendapat pendidikan baik, mulai lingkungan sekolah sampai dirumah mereka,” tukasnya.

Anggota Komisi D DPRD Kota Makassar ini menambahkan, tujuan pendidikan yakni mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban dan mencerdaskan bangsa. Itu, sesuai Undang-Undang (UU) nomor 20.

“Jadi, sangat jelas dalam UU nomor 20 tentang pendidikan nasional. Di Singapura, semua potensi anak dikembangkan sejak dini dan itu perlu dilaksanakan juga di Indonesia,” ucapnya.

Misalnya saja, kata Hidayat, anak yang sejak kecil mendapat pendidikan tentang tahfidz Quran. Harapannya, potensi ini bisa dilanjutkan hingga pendidikan tinggi melanjutkan di timur tengah.

“Semua potensi bisa diarahkan hingga bangku kuliah. Lulusan Singapura begitu, semua pendidikannya linear,” paparnya.