Beranda Makassar Dekranasda Sulsel dan Sejumlah UMKM Binaannya Turut Berpartisipasi di Pekan Perpustakaan 2021

Dekranasda Sulsel dan Sejumlah UMKM Binaannya Turut Berpartisipasi di Pekan Perpustakaan 2021

HERALDMAKASSAR.COM – Dalam rangka memperingati hari kunjung perpustakaan dan bulan gemar membaca, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) tahun ini kembali menyelenggarakan Pekan Perpustakaan 2021.

Pelaksanaan pekan perpustakaan pada tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya pembatasan kegiatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ada beberapa hal yang bisa dicapai dari pelaksanaan pekan perpustakaan ini yaitu bagaimana respon masyarakat terhadap minat baca, dan bagaimana mendekatkan masyarakat keperpustakaan, dengan penyediaan buku-buku bacaan yang memadai.

Serta berkualitas di Perpustakaan dengan menggalakan Iomba-Iomba ataupun festival budaya yang membuat jadwal kunjungan ke perpustakaan lebih banyak serta melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan minat baca.

Pekan perpustakaan 2021 ini juga menghadirkan 15 stand yang tergabung, salah satunya yakni Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan yang ikut berpartisipasi mengambil bagian dalam pameran tersebut.

Dekranasda Sulsel bersama PKK dan lain-lainnya seperti Kabupaten Gowa, Bulukumba, Sinjai dan Kota Makassar.

Kata sambutan ketua Penggerak PKK yang juga Ketua Dekranasda Sulsel, Naoemi Octarina di bacakan oleh Wakil Ketua harian 4 Dekranasda Sulsel, Hj. Nursidah Sumardi, S.

Dalam sambutannya, pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat di daerah untuk bersama-sama membulatkan tekad dengan semangat, menyatukan visi misi kedepan untuk menjadikan Sulawesi Selatan sebagi provinsi yang kuat, maju dan terkemuka.

“Mudah-mudahan para peserta yang mengikuti pekan perpustakaan hari ini dapat menjadi pionir atau ujung tombak dalam mengembangkan minat baca baik dalam masyarakat maupun dalam dunia pendidikan agar hasilnya mampu berkiprah lebih jauh kedepan, dengan senantiasa berupaya meningkatkan kemampuan, kualitas dan profesionahsme, seiring persaingan terbuka dengan kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan saat ini,” jelasnya.

Diakhir sambutan, dirinya menaruh harapan agar kiranya hasil pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan nilai tambah, bukan hanya bagi pengelola perpustakaan melainkan juga bagi upaya kita bersama dalam membangun dan memajukan daerah ini Iewat membaca.

Adapun yang bertindak sebagai penanggung jawab di stand Dekranasda Sulsel dalam pameran pekan perpustakaan 2021 ini adalah Nining Wahyuni, beranggotakan Rahmania, Andi Nahrisa, Yusniar Arifin, Surasmi Ukkas, Yohana, Rahmawati.

Sementara, Andi Elly Sompa Said sebagai koordinator di bidang usaha mengatakan sangat bersyukur karena pihaknya bisa ikut berpartisipasi dalam pameran tersebut yang diikuti sejumlah UMKM.

“Alhamdulillah UMKM binaan Dekranasda selalu mendapat undangan untuk mengikuti di berbagai pameran. Itu merupakan bukti kalau produksi UMKM binaan Dekranasda semakin digemari dan berkualitas bagus,” ujarnya.

Dalam seminggu ini, kata dia, mereka mengikuti dua pameran dan hasilnya sangat memuaskan bahkan banyak produk-produk yang laku. Hal itu menandakan daya minat masyarakat untuk membeli produksi lokal itu semakin meningkat.

Lap. Humas Dekranasda Sulsel Warni Saharuddin