Beranda Makassar Dihadapan Rektor, Stafsus Presiden Puji UNM Adalah Kampus Pencetak Pemuda Hebat Indonesia

Dihadapan Rektor, Stafsus Presiden Puji UNM Adalah Kampus Pencetak Pemuda Hebat Indonesia

HERALDMAKASSAR.com — Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam menilai momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tidak pernah lepas dari peran para pemuda-pemudi bangsa hari ini.

Hal itu disampaikan Husain Syam saat menyampaikan sambutannya di dialog interaktif memperingati Harkitnas yang dilaksanakan oleh pengurus PKC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sulsel, di Ruang Teater Pinisi, UNM, Jumat (28/5/2021).

“Menurut catatan saya saudara semua adalah bagian dari proses. Hari ini kita berdiskusi seperti apa peran dan posisi yang harus kita lakukan kedepan,” ujar Husain Syam.

Ketua Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sulsel itu mengatakan, suka tidak suka bahwa pemuda hari ini adalah generasi estafet yang akan membawa bangsa menuju Indonesia maju.

“Menurut saya kita semua menuju jalan yang benar dalam berorganisasi, dengan mencoba mengambil bagian dan betul-betul kepentingan bangsa. Sejarah masih penting bahwa dalam hal ini peran pemuda adalah bagian dari kemerdekaan Indonesia,” terangnya.

Disisi lain, kata Husain, melalui pendidikan generasi muda diharapkan dapat merawat nilai-nilai persatuan dan memperkokoh nasionalisme. Dengan melebur perbedaan dan bersatu dalam tujuan yang sama demi terwujudnya kebhinekaan Indonesia.

“Mungkin ada cara yang instan karena sudah mendesak mengambil peran, maka dari itu mari kita diskusikan di tempat ini, kampus UNM juga telah mengukir sejarah lahirnya pemuda-pemuda yang sudah berkiprah di level nasional,” ungkap pemilik gelar Insiyur Profesional Utama (IPU) ini.

Dalam dialog interaktif tersebut, PKC PMII Sulsel juga menghadirkan narasumber yakni Staf khusus Presiden RI, Aminuddin Maruf yang juga merupakan tokoh pemuda asal Sulawesi Selatan.

Di kesempatan itu, Aminuddin Maruf menilai bahwa UNM adalah salah satu kampus yang mempunyai pertumbuhan para alumni dan pemuda-pemuda hebat di Indonesia.

“Kita patut apresiasi di era pemerintahan bapak Jokowi-Maruf Amin bahwa semua anak-anak bangsa kita berhak mendapatkan fasilitas demokrasi, pendidikan dan kesehatan, dan UNM merupakan salah satu kampus yang membantu kemajuan bangsa kita,” ucapnya.