Beranda Makassar Luthfi dan Baso DN Kecam Bastian Lubis Soal Tuduhan NA Jual Aset...

Luthfi dan Baso DN Kecam Bastian Lubis Soal Tuduhan NA Jual Aset Stadion

HERALDMAKASSAR – Pernyataan pengamat Pemerintahan Universitas Patria Artha Makassar (UPA) Bastian yang menuding Gubernur Sulsel non aktif Prof Nurdin Abdullah menjual besi tua hasil pembongkaran stadion Mattoanging dan mengambil uang hasil penjualan besi tua untuk kepentingan pribadinya, mendapat kecaman dari salah seorang anggota TGUPP Sulsel, Luthfi Andi Mutty.

Menurut Luthfi, panggilan akrab Luthfi Andi Mutty,  tudingan Bastian Lubis jika tidak memiliki data valid dan hasil audit, maka mengarah pada fitnah keji dan tidak mencerminkan seorang akademisi yang harus senantiasa menjunjung tinggi etika dan nilai nilai akademik.

”Bastian Lubis harus punya bukti dan data kalau Nurdin Abdullah mengambil uang dari hasil transaksi besi tua hasil stadion Mattoanging. Jika tidak punya data, maka itu hanya sebuah asumsi dan pencemaran nama baik dan akan berdampak pada persoalan hukum,” tegas Luthfi Mutty.

Pakar pemerintahan yang juga mantan anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem ini menilai, pernyataan Bastian Lubis selaku salah seorang Rektor disalah satu Kampus di Makassar seharusnya dalam berbicara by data karena dunia kampus merupakan lembaga yang sangat menjunjung tinggi etika dan fitnah adalah sesuatu yang sangat tabu yang dapat disejajarkan dengan melakukan plagiat.

”Kalau memang punya data dan hasil audit dari lembaga yang berwenang, laporkan saja ke penegak hukum, bukan menebar fitnah dan kebencian,” tegas Luthfi Mutty.

Sebagaimana diberitakan , Bastian Lubis menuding sejak awal langkah Pemprov Sulsel dalam melakukan pembongkaran Stadion Mattoanging hanya untuk mencari keuntungan lewat penjualan barang bekas yang ada di stadion berkapasitas 14 ribu penonton itu. Bastian mengatakan hasil penjualan barang bekas dari Stadion Mattoanging bisa mencapai sekitar 3.4 miliar, namun yang disetor ke kas daerah hanya sebesar 1.7 miliar.

Sisanya tambah Bastian uang tersebut masuk di kantong Gubernur Sulsel Nonaktif Nurdin Abdullah.”Jadi semuanya itu untuk pembongkaran sekitar 3.4 yang diambil kalau dihitung dengan apresol, yang dimasukkan itu 1.7 miliar, sisanya itu yang ambil lingkaran NA (Nurdin Abdullah),” ungkapnya.

Kecaman senada diungkapkan Direktur Eksekutif Forum Pemerhati Masalah Sosial Politik dan Kemasyarakatan (Forsospolmas) Sulsel, MS Baso DN. Menurut Baso, pernyataan Bastian Lubis yang menuding Gubernur Sulsel Non Aktif Prof Nurdin Abdullah mengambil uang dari hasil penjualan besi tua bongkaran Stadion Mattoanging adalah sesuatu yang sangat subyektif dan penuh kebencian, karena tidak didasari dari hasil temuan dari aparat pemeriksa seperti dari BPKP, BPK, Inspektorat dan lembaga pemeriksa resmi lainnya.

”Silahkan buktikan, jika Nurdin Abdullah menerima uang dari hasil penjualan besi tua Stadion Mattoanging, dan harus berdasar data dan fakta, bukan hanya sekedar asumsi semata.’Jika tidak ada data dan fakta, maka ini tuduhan dan akan berdampak pada persoalan hukum,” tegas Baso DN.

(***}